Kamis, 31 Mei 2012

Badan Sehat Dengan Bertelanjang kaki


Dahulu manusia hidup bisa mencapai umur 100 tahun, ini tidak lain karena gaya hidup mereka. Sekarang di jaman modernisasi, semua serba ada dan semua menginginkan apapun yang serba
praktis. Nenek moyang kita memiliki badan yang sehat karena mereka berjalan di atas permukaan tanah dengan bertelanjang kaki. Namun sekarang jarang kita ketahui orang yang berjalan dengan bertelanjang kaki. Bahkan berolahraga pun mereka menggunakan sepatu. Tahukah anda bahwa bertelanjang kaki itu menyehatkan? Berikut manfaat dari bertelanjang kaki.

1.  Pikiran menjadi cerah

Dengan berjalan tanpa alas kaki maka tingkat kewaspadaan kita akan meningkat. Dalam berjalan kita akan memperhatikan area sekitar apakah ada duri, kerikil tajam atau benda lain yang dapat melukai kaki. tanpa sadar kondisi ini dapat membantu mencerahkan pikiran kita.

2. Meredakan stress

 Berjalan kaki di atas rumput dapat membantu mengurangi kecemasan dan  depresi sebesar 62 %. Selain itu juga dapat meningkatkan kadar endrofin sehingga memunculkan kebahagiaan.

3. Mengatasi insomnia

Bagi anda yang mengalami susah tidur atau insomnia dapat mencoba untuk berjalan tanpa alas kaki. Karena menurut beberapa kalangan dapat menjadi obat terbaik untuk mengatasi insomnia.

4. Menyehatkan jiwa

Dengan berjalan kaki anda dapat terhubung dengan alam sekeliling. Lebih mudah merasakan hangatnya sinar matahari atau desiran angin di pepohonan.

5. Detoksifikasi

Bumi memilki muatan ion negatif  yang berperan dalam detoksifikasi tubuh, mengurangi efek peradangan, sinkronisasi siklus hormonan dan irama fisiologis. Selain itu juga memberikan efek yang menenangkan.

6. Refleksi gratis

Sejumlah titik  refleks di kaki terhubung ke hampir semua organ tubuh. Batu atau permukaan kasar yang terinjak akan merangsang titik refleks di kaki. Memang pada awalnya akan terasa sakit tapi lama-lama akan terbiasa.

7. Yoga kaki gratis

Dengan berjalan tanpa alas kaki akan meregangkan dan juga memperkuat otot tendon, ligamen dalam, pergelangan kaki dan betis yang dapat membantu mencegah cedera, ketegangan lutut dan masalah punggung. Selain itu juga akan mengaktifkan kerja otot tertentu yang membantu menjaga postur tubuh dan keseimbangan badan.


sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/300574-manfaat-bertelanjang-kaki



Tidak ada komentar:

Posting Komentar