Kamis, 17 Mei 2012

Membuat Acar Yuuuk....


Acar biasa disajikan untuk melengkapi makanan seperti pecel lele, nasi goreng, martabak dan lain sebagainya. Meskipun sederhana namun makanan ini ternyata banyak peminatnya. Dengan rasa yang menyegarkan dan beraroma yang khas,
membuat orang yang memakannya akan menjadi ketagihan. Ternyata acar tidak hanya dibuat dari bahan ketimun dan wortel saja. Berikut beberapa kreasi dalam membuat acar yang dapat anda coba.

1. Acar rawis

Bahan :
- 2 lembar daun kol
- 10 batang buncis
- 3 buah wortel
- 1 buah mentimun
- Cabe rawit sesukanya
- 1 sdm cuka

Bumbu :
- 1 potong jahe
- 2 siung bawang putih
- Gula, garam dan vitsin secukupnya

Cara membuat :
Semua sayuran diiris kecil memanjang. Jahe dan  bawang putih dihaluskan lalu ditumis sampai harum baunya, tambahkan sedikit air, gula dan cuka. Tunggu sampai mendidih, lalu masukkan sayuran, garam dan vitsin. Tunggu sampai mendidih lalu angakat. Bila dirasakan kurang asam maka bisa ditambah cuka lagi.

2. Acar telur

Bahan :
- Telur ayam seperlunya

Bumbu :
- 3 biji kemiri
- 1 buah cabai merah yang telah diiris
- 1 sdm sari jeruk nipis
- 4 siung bawang merah yang telah diiris kasar

Cara membuat :
Haluskan kemiri lalu tumis bersama cabe dan bawang merah. Tambahkan air dan sari jeruk nipis, biarkan sampai harum. Didihkan bersama telur yang sudah direbus. Usahakan apinya kecil. Angkat bila sudah agak kering.

3. Acar kuning

Bahan :
- 5 buah wortel
- 1 buah mentimun
- 10 buah buncis
- 2 sdm cuka
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu :
- 2 siung bawang putih
- 1 potong jahe
- 1 potong kunyit
- 2 butir kemiri sedang
- Gula, garam dan vitsin secukupnya

Cara membuat :
Mentiun dikupas, dihilangkan isinya, lalu iris tipis (kurang lebih 2 cm) demikian juga untuk wortel dan buncis. Bumbu dihaluskan dan ditumis, tambahkan air untuk kuahnya. Kalau sudah mendidih, masukkan sayuran. Tunggu samapai masak lalu diangkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar