Selasa, 08 Mei 2012

Cara Menurunkan Berat Badan


Orang yang memiliki kelebihan badan dapat dengan mudah terkena resiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu perlu dilakukan usaha untuk menurunkan badan karena itu bukanlah masalah sepele. Berat badan berlebih terjadi
karena asupan energi yang masuk ke tubuh lebih banyak daripada yang dikeluarkan. Di bawah ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk  menurunkan berat badan.

1. Pengaturan makanan

Orang yang melakukan diet maka dilakukan dengan cara jangan makan agar berat badan turun. Ini adalah tindakan yang salah. Hal yang paling tepat yaitu dengan tetap makan 3 kali sehari tetapi jumlah kalori yang digunakan haruslah dikurangi. Hindari makanan yang mengandung gula, karbohidrat sederhana, lemak, santan, dan daging berlemak. Sedangkan yang baik untuk dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks, asupan protein yang cukup (hewani dan nabati), dan makanan tinggi serat seperti buah dan sayuran.

2. Olahraga

Lakukan olahraga secara teratur dan pilihlah olahraga yang memiliki intensitas rendah seperti berjalan (lambat tapi lama). Lakukan 3 kali seminggu bahkan bisa juga 5 kali seminggu setidaknya 30 menit. Apabila terjadi penurunan dalam tubuh, secara otomatis tubuh akan kehilangan lemak dan kulit menjadi kendur. Mulailah melakukan latihan beban untuk membangun otot.

3. Berpikir positif

Orang yang memiliki berat badan berlebih sering berpikir bahwa berat badannya tidak bisa turun lagi. Oleh karena itu penting untuk seseorang untuk memiliki niat yang kuat, motivasi dan tidak mudah putus asa agar program penurunan badannya berhasil. Jadi usahakan untuk tetap berpikir positif dan mengatur diet serta olahraga.

4. Faktor pendukung

 Dalam melakukan usaha penurunan badan dapat juga dilakukan dengan mengkonsumsi obat, jamu, dan lain-lain. Namun semuanya itu perlu dilakukan konsultasi kepada dokter untuk menghindari resiko kesehatan yang merugikan.


sumber : http://perawatancantikalami.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar