Rabu, 02 Mei 2012

Kebiasaan Yang Berakibat Buruk Setelah Makan


Kegiatan yang dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan tenaga agar dapat melakukan berbagai macam aktifitas adalah makan. Dengan makan perut tidak akan kosong sehingga dapat membuat kita lebih konsentrasi dalam melakukan kegiatan.
Beberapa hal negatif yang sering dilakukan orang setelah makan yaitu sebagai berikut :

1. Merokok

Hindari kegiatan ini setelah anda makan karena menurut penelitian sebatang rokok setelah makan sama halnya dengan merokok 10 batang.

2. Makan buah

Makanan penutup biasanya dilakukan dengan makan buah. Tapi sebaiknya anda makan buah setelah 1-2 jam atau 1 jam sebelum makan.

3. Minum teh

Jangan langsung minum teh setelah makan, karena daun teh yang mengandung asam tinggi dapat menyebabkan kandungan protein dalam makanan yang dikonsumsi menjadi sulit untuk dicerna.

4. Mengendurkan ikat pinggang

Setelah makan perut akan menjadi kenyang dan secara otomatis membuat ikat pinggang anda terasa sempit. Jangan terburu-buru mengendurkan ikat pinggang karena ini dapat menyebabkan usus terpelintir atau terblokir sehingga dapat membahayakan pencernaan.

5. Berjalan

Banyak orang berpendapat bahwa berjalan beberapa langkah setelah makan dapat membuat makanan yang kita makan langsung terserap ke dalam tubuh. Justru ini tidak benar, tapi malah sebaliknya. Sistem pencernaan tidak dapat menyerap nutrisi dari makanan yang dimakan.

6.  Mandi

Jangan mandi setelah anda makan, karena dapat meningkatkan aliran darah ke tangan, kaki dan tubuh sehingga menyebabkan jumlah darah di sekitar perut terus turun.

7. Tidur

Setelah makan langsung tidur dapat membuat makanan itu berbalik arah lagi ke atas (makanan yang di simpan di lambung kembali ke dalam esofagus). Ini dapat menyebabkan kerongkongan menjadi kering, panas, mual, mulas dan ingin muntah.

sumber : http://health.detik.com/read/2012/03/27/131936/1877577/766/8/yang-sebaiknya-tidak-dilakukan-setelah-makan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar