Jumat, 11 Mei 2012

Mengenal Make Up Mata


Make up merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh kaum perempuan. Banyak diantara mereka yang berkonsultasi mengenai alat dan produk apa yang akan dipakai. Apalagi untuk make up mata, yang banyak sekali pilihan dan variasi tekstur yang membuat perempuan
bingung. Untuk menghasilkan make up mata yang indah perlu diketahui alat dan produk apa yang harus dipakai. Berikut beberapa yang yang dapat anda ketahui mengenai make up mata.

1. Smudge brush

Alat yang berbentuk sikat berbulu pendek ini cocok digunakan untuk membaur riasan mata agar mendapatkan efek smoky eyes. Dengan bentuk kepala kuas yang runcing dan tebal dapat membaur riasan mata dan melembutkan warna tegas di kelopak mata.

2. Eyeliner brush

Memiliki kepala datar / rata dan tumpul yang digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner di sepanjang garis bulu mata dan memberikan warna  yang intens di dasar bulu mata. Bentuk sikat dengan ujung menyudut berguna untuk memberikan keakuratan yang lebih baik. Alat ini dapat digunakan untuk eyeliner cair maupun bubuk.

3. Eyelash curler

Eyelash curler atau biasa dikenal dengan sebutan penjepit bulu mata ini digunakan untuk membuat bulu mata anda menjadi lebih lentik dan menambah kesempurnaan ketika dikenakan maskara. Cara memakainya, saat mata terbuka, letakkan penjepit bulu mata sedekat mungkin dengan garis bulu mata lalu remas pegangan  dengan lembut sampai bantalannya saling menyentuh lalu lepaskan. Bantalan berbahan silikon (bukan karet) ini berguna untuk memberikan efek lentik pada bulu mata.


4. Eyebrow brush / lash comb

Memiliki dua sisi yang berbeda yaitu sikat alis di satu sisi dan sisir bulu mata di sisi satunya. Pada bagian sikat digunakan untuk membentuk alis (dengan atau tanpa gel) dan bagian sisir bulu mata dapat digunakan untuk menghilangkan gumpalan maskara dari bulu mata.

5. Pencil eyeliner

Benda ini paling praktis dan mudah digunakan bahkan untuk para pemula. Tetapi dalam penggunaannya pencil ini harus selalu diserut agar mendapatkan bentuk yang runcing. Dengan mengaplikasikan pencil yang tumpul maka garis eyeliner akan tampak terlalu tebal. Meskipun begitu bagi anda yang menginginkan gaya smokey eyes pada mata, gunakan jenis eyeliner bentuk pencil karena dapat dengan mudah dibaurkan dengan kuas ke arah atas untuk menciptakan aksen mata yang dalam dan bergradasi pada kelopak mata.

6. Liquid eyeliner

Liquid eyeliner sedikit lebih sulit diaplikasikan karena memiliki tekstur yang lebih runcing, tajam dan dramatis. Warna yang dihasilkan juga lebih pekat daripada pencil eyeliner. Jika lebih suka ber-eyeliner yang tipis dapat menggunakan liquid eyeliner. Tetapi dalam mengaplikasikannya haruslah sabar dan harus dilakukan dengan tangan yang mantap atau jika tidak makan garis yang terbentuk akan terlihat seperti bergerigi. Selain itu biarkan beberapa waktu sampai kering sebelum membuka mata agar garis eyeliner tidak melebar.

7. Gel eyeliner

Penggunaan gel eyeliner ini lebih fleksibel dibandingkan dengan pencil atau liquid eyeliner. Memiliki tekstur yang lebih yang lebih padat dari liquid eyeliner sehingga tidak mudah luntur  atau berantakan dan tidak perlu menunggu kering sebelum membuka mata. Bentuk yang dihasilkan lebih mudah divariasikan, tergantung besar kecilnya kuas yang dipakai.

8. Pencil brow

Alis dapat dirapikan dengan dicabut, threading atau wax namun itu semua belum dapat menegaskan bentuk alis. Untuk itu diperlukan pencil brow, aplikasikan pencil brow secara perlahan dengan tidak terlalu menekannya. Jagalah selalu ketajaman pencil brow sebelum digunakan. Namun penggunaan pencil brow ini memiliki kekurangan yaitu tektur yang dihasilkan terlihat kurang alami daripada menggunakan brow powder.

9. Brow powder

 Brow powder memang  tidak terlalu terkenal dibandingkan pencil brow. Benda ini memiliki tekstur yang sama seperti eye shadow. Brow powder ini cocok digunakan bagi anda yang beralis tebal maupun tipis. Saat mengaplikasikan lakukan secara perlahan untuk mempertegas bentuk alis dan mengisi bagian yang kosong pada alis. Hal ini akan menjadikan alis lebih alami, rapi dan tidak berkesan bahwa alis digambar. Selain itu kekurangannya adalah kurang tahan lama daripada pencil brow.

10. Maskara

Alai ini diaplikasikan pada bulu mata agar terlihat tebal. Terdapat banyak warna maskara yaitu hitam, coklat, biru, bening, hijau, emas dan lain-lain. Warna yang sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari yaitu coklat dan hitam.

11. Bulu mata palsu

Bulu mata palsu digunakan agar bulu mata tampak lebat dan indah. Banyak berbagai bentuk bulu mata, jadi pilihlah bulu mata yang sesuai dengan kebutuhan anda saat membelinya.

12. Lem bulu mata

Lem ini digunakan untuk merekatkan bulu mata palsu agar merekat dengan sempurna.


sumber : 
- http://www.salon-cantik.com/peralatan-make-up
- http://arie-yantea.blogspot.com/2012/02/10-alat-make-up-yang-harus-dimiliki.html










Tidak ada komentar:

Posting Komentar