Rabu, 02 Mei 2012

Cara Menghindari Rasa Malas


Rasa malas saat akan melakukan sesuatu yang sebelumnya telah direncanakan, terkadang membuat semuanya menjadi berantakan. Yang perlu dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan meningkatkan kemauan. Lalu bagaimanakah cara untuk
meningkatkan kemauan? Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemauan agar terhindar dari rasa malas.

1. Tidur

Istirahatkan tubuh anda saat merasa lelah dengan melakukan tidur yang cukup. Jam tidur untuk orang dewasa adalah 7 - 8 jam perhari, remaja 9 jam seharu dan anak-anak 10 - 12 jam sehari.

2. Meditasi

Lakukan meditasi setidaknya 5 menit sehari. Hal ini dilakukan untuk membangun kontrol diri yang dapat meningkatkan kesadaran dan membantu memperkuat kontrol terhadap diri sendiri. Meditasi dapat dilakukan dengan cara duduk tegak dan fokuskan perhatian pada hal yang telah anda rencanakan sebelumnya untuk membangun kemauan.

3. Hindari alkohol

Alkohol dapat menurunkan glukosa darah dan juga mengurangi kesadaran diri. Padahal kesadaran diri ini paling dibutuhkan untuk membawa anda kembali ke tujuan awal.

4. Membuat catatan

Tulislah sebuah rencana sederhana yang mungkin akan menambah tekad dan kemauan anda untuk melakukan sesuatu hal. ketika rasa malas menghampiri, bacalah catatan tersebut agar kembali termotivasi.


sumber : http://health.detik.com/read/2012/04/30/153301/1905071/766/tips-untuk-si-malas-agar-bisa-hidup-sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar