Rabu, 02 Mei 2012

Cara Melindungi Mata


Mata merupakan satu dari lima panca indera yang berfungsi untuk melihat. Oleh karena itu kita harus melindungi dan merawatnya sebaik mungkin. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melindungi mata adalah sebagai berikut :


1. Kacamata

Pakailah kacamat hitam di hari yang cerah ataupun berkabut karena sinar UV dapat membuat kerusakan kumulatif pada mata yang dapat berakibat katarak. Kacamata dengan model yang hampir menutupi seluruh bagian mata adalah pilihan terbaik sehingga sinar matahari tidak masuk dari samping.

2. Periksa mata

Mungkin banyak yang tidak menyadari mengenai masalah pada mata. Oleh karena itu dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mata sejak berusia 20 tahun kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan rutin setiap beberapa tahun setelah itu. Jika memakai kacamata, sebaiknya menemui dokter mata setidakanya 2 tahun sekali namun jika menggunakan lensa kontak, lakukan setahun sekali.

3. Mengobati mata kering

Atasi gejala mata kering dengan menerapkan kain basah hangat pada mata selama beberapa menit saat bangun tidur. Jangan jauh-jauh dari sebotol air mata buatan, namun jika membutuhkannya lebih dari 2 jam sekali, pilihlah merk yang bebas dari pengawet.

4. Pemakaian lensa kontak

 Memakai lensa kontak memang lebih efisien dari menggunakan kacamata, namun ada baiknya jika sekali-kali pakai kacamata. Janganlah tidur menggunakan lensa kontak. Jika mata memerah, penglihatan kabur, berair atau sensitif terhadap cahaya, ganti dengan kacamata dan hubungi dokter mata anda.

5. Riasan mata

Sebelum tidur sebaiknya riasan mata dibersihkan, terutama maskara yang dapat menjadi serpihan yang masuk ke mata. Jika menderita mata kering, hindari maskara bernuansa metalik atau yang berkilauan yang dapat meningkatkan iritasi mata, terutama bagi yang menggunakan lensa kontak.  Gantilah maskara anda setiap 6 miinggu sekali apabila menggunakannya tiap karena bakteri dapat berkembang di dalam tabung maskara.

6. Kacamata keselamatan

Memakai peralatan pelindung mata dengan panel sisi  dapat menghindari berbagai jenis cedera mata. Karena cedera mata bisa saja terjadi di dalam atau di sekitar rumah, seperti saat mengampalas sesuatu, melakukan olahraga badminton, dan lain-lain.

7. Mengistirahatkan mata dari komputer

Terlalu lama di depan komputer dapat membuat mata menjadi kelelahan. Oleh karena itu istirahatkan mata anda setiap 20 menit dengan melihat sesuatu yang jauh selama 20 detik. Gunanya untuk mengubah fokus anda dan merelakskan oto mata.

8. Makan makanan sehat

Pilih buah seperti jeruk, kacang-kacangan, gandum utuh, sayuran yang berhijau tua dan ikan seperti salmon atau sarden. Mata kering juga bisa diredakan dengan melengkapi menu makan dengan omega 3, baik dari makanan dan suplemen. Untuk  mengetahui dosisnya dapat dilakukan dengan menanyakan langsung ke dokter mata.


sumber : http://health.detik.com/read/2012/05/02/083028/1906687/766/9-hal-yang-harus-dilakukan-untuk-melindungi-mata



Tidak ada komentar:

Posting Komentar