Senin, 07 Mei 2012

Cara Menghilangkan Komedo


Komedo merupakan kotoran berbentuk kecil, berwarna hitam atau putih yang menyumbat pori-pori. Ini biasa terjadi pada Anda yang memiliki kulit berminyak yang tidak terjaga kebersihannya atau akibat menumpuknya sel kulit mati. Selain itu
bisa juga dikarenakan make up, polusi maupun kelembaban udara. Seringkali komedo dihilangkan dengan cara digaruk-garuk dengan kuku jari tangan atau dengan menggunakan sebuah alat. Ini tidak akan menghilangkan komedo, bisa jadi malah memperparah timbulnya komedo atau bahkan malah tumbuh jerawat. Penyebabnya adalah kuku atau alat yang digunakan belum tentu terjaga kebersihannya. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi komedo adalah sebagai berikut :

1. Kotoran dan tata rias yang menempel di wajah dibersihkan dengan pembersih wajah pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Gunakan pembersih yang mengandung ekstrak pinang sesuai dengan jenis kulit. Gunakan pembersih selama sebulan untuk mengetes efek dari pembersih yang digunakan.

2. Setelah wajah selesai dibersihkan, gunakan juga penyegar wajah ekstra pinang, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  

3. Saat mencuci wajah, gunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda.

4. Sebelum bepergian, gunakanlah pelembab wajah yang sesuai dengan kulit Anda untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari.

5. Saat malam hari, pakailah krem malam, gunakan secara tipis dan merata pada kulit wajah.

6. Kurangi mengkonsumsi cokelat, durian, kacang tanah, telur, kacang mete, keju, alpukat, mangga, kerang, krim bubuk, segala jenis susu (full cream, low atau non fat), gorengan, santan dan daging berlemak.

7. Cobalah untuk melakukan hidup sehat dan cukup tidur.


Perawatan lain yang dapat dilakukan secara seminggu sekali

- Wajah dibersihkan dengan pembersih dan cuci dengan sabun sesuai dengan jenis kulit.

- Gunakan krem penghalus wajah sesuai jenis kulit. Usapkan pada daerah kulit yang kasar dan berkomedo. Lakukan 2 menit lalu bilas dengan air.

- Untuk kulit kering, lakukan pijat wajah secara perlahan dengan krem yang mengandung minyak zaitun dan vitamin A. Lakukan selama 10 - 15 menit.

- Gunakan masker yang mengandung ekstrak sari jeruk nipis. Oleskan ke seluruh wajah kecuali lingkar mata, bibir dan lubang hidung.

- Setelah kering bilas dengan air hangat atau dingin dan angkat masker dengan menggunakan spon masker.


sumber : http://perawatancantikalami.com/artikel/perawatan-wajah-cara-mengatasi-komedo.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar