Selasa, 29 Mei 2012

Ketahui Sejak Dini Penyebab Tulang Rapuh


Tulang rapuh atau keropos memang biasa dialami bagi yang telah berusia tua. Namun saat ini, penyakit tulang rapuh juga bisa dialami oleh anda yang masih muda. Ini bisa saja terjadi
karena pola hidup yang tidak sehat. Salah satunya adalah karena makanan yang kita makan. Perlu diketahui bahwa makanan dan minuman juga sangat penting pengaruhnya untuk kesehatan tulang kita. Berikut beberapa hal yang dapat membuat tulang menjadi rapuh.

1. Air

Bagi anda yang kurang minum air, waspadalah bisa jadi tulang anda menjadi rapuh. Tubuh manusia memerlukan banyak cairan, termasuk tulang. Dengan minum air mampu mencegah pembusukan tulang. Jadi usahakan minum air kurang lebih 8 gelas perhari.

2. Garam

Garam dapat menguras kalsium dalam tulang sehingga akan membuatnya rapuh. Orang yang memakan makanan banyak garam akan memiliki tulang yang lebih rapuh daripada mereka yang tidak memakan garam berlebih. Jadi kurangilah makanan yang banyak mengandung garam.

3. Softdrink

Di dalam softdrink atau minuman bersoda mengandung phosphoric acid  yang dapat meningkatkan jumlah kalsium yang dikeluarkan melalui urine. Jadi lebih baik mengkonsumsi susu daripada sofdrink.

4. Kafein

Ternyata kafein memiliki efek yang sama seperti garam, namun tidak sebesar yang ditimbulkan oleh garam. Secangkir kopi dapat membuat tulang menjadi rapuh. Ada juga yang berpendapat bahwa dengan minum teh yang mengandung kafein mampu membuat tulang menjadi kuat pada wanita yang telah berumur.

5. Kedelai

Kedelai memang kaya akan protein dan dapat membuat tulang menjadi kuat. Makanan yang berasal dari kedelai dapat mencegah penyerapan kalsium secara baik. Kedelai mengandung zat yang dikenal sebagai oxolates yang apabila tercampur dengan kalsium dapat mencegah kalsium diserap oleh tubuh.

6. Makanan berlemak

Di dalam makanan berlemak mengandung hydrogenated vegetables oil, seperti margarin yang dapat menghasilkan lemak trans yang berbahaya bagi jantung dan dapat menghancurkan vitamin K yang dibutuhkan untuk menjaga agar tulang kuat dan sehat.

7. Alkohol

Minum minuman beralkohol dapat mencegah kalsium yang telah dikonsumsi untuk diserap. Dengan begitu akan menghambat proses peremajaan tulang yang dilakukan oleh sel-sel dalam tulang.

8.  Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dapat membuat tulang anda menjadi keropos. Oleh karena itu bagi anda yang tidak sempat melakukan olahraga, lakukanlah aktifitas ringan seperti jalan di sekitar meja agar otot tidak tegang dan juga tulang belakang menjadi lebih rileks.

9. Makanan siap saji

Kandungan lemak, sodium dan gula dalam makanan yang siap saji dapat menyebabkan kepadatan tulang berkurang.


sumber : http://wartabepe.staff.ub.ac.id/2012/03/10/kolom-kesehatan-makanan-yang-membuat-tulang-rapuh/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar