Jumat, 18 Mei 2012

Buah Yang Dimakan Beserta Kulitnya


Seringkali orang memakan buah dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu agar kandungan pestisida dalam kulit buah dapat dibuang. Padahal, beberapa buah mengandung nutrisi yang
lebih banyak daripada mengkonsumsi daging buah. Untuk mengurangi residu pestisida dapat dilakukan dengan cara mencuci buah dengan air hangat dan sabun lalu di bilas dengan air mengalir. Sekarang tidak perlu khawatir lagi memakan buah beserta kulitnya, tapi tidak semua buah dapat dimakan dengan kulitnya. Lalu buah apa saja yang dapat dimakan beserta kulitnya? Simak ulasan di bawah ini.

1. Apel

Buah ini adalah buah yang paling banyak disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dengan hanya memakan satu buah saja sudah dapat membuat perut kita kenyang. Menurut penelitian di Cornell University menunjukkan bahwa kandungan fitokimia dalam kulit apel 87 % lebih banyak dibandingkan daging buahnya. Fitokimia aini merupakan antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah kanker.

2. Mentimun

Termasuk dalam kategori sayuran, namun juga bisa  disebut buah-buahan. Dalam kulit mentimun mengandung silika yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan kuku. Manusia membutuhkan silika 5 mg per hari yang dapat diperoleh dari sebutir mentimun.

3. Kiwi

Menurut penelitian, kandungan vitamin C dan E, serotonin dan potasium dalam buah kiwi dapat diperoleh dari memakan buah kiwi beserta kulitnya. Memang sedikit aneh memakan buah kiwi beserta kulitnya yang berbulu.

4. Jeruk

Kulit jeruk memang mengandung senyawa polymethoxylated flavones (PMF) yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Namun anda tidak perlu langsung memakan kulit jeruk, cukup dengan menyeduhnya bersama teh atau digunakan campuran dalam sup.

5. Terung

Terung juga termasuk buah, yang digolongkan dalam golongan buah berry. Dalam kulit terung mengandung 300 mg senyawa nasunin, sejenis antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel otak. Selain itu juga mengandung 200 mg potasium, 13 mg magnesium dan 3 mg serat.

6. Pir

Dalam kulit buah pir mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat langsung dimakan begitu saja. Selain itu juga banyak mengandung mineral seperti tembaga, vitamin C dan K yang berfungsi sebagai antioksidan.

7. Tomat

Seringkali orang memasak tomat sampai matang dan kulitnya terkelupas sendiri, namun banyak diantara mereka yang tidak memakannya tapi malah dibuang. Padahal dalam kulit buah tomat mengandung karotenoid, potasium, vitamin A, C dan E.


sumber : http://id.shvoong.com/medicine-and-health

Tidak ada komentar:

Posting Komentar