Jumat, 04 Mei 2012

Pengetahuan Menu


Kata "menu" berasal dari bahasa Perancis "minute" yang berarti daftar makanan yang disajikan kepada tamu dalam waktu singkat. Dalam lingkungan rumah tangga, kata "menu" sering diartikan sebagai susunan makanan yang akan dihidangkan
pada hari itu. Dalam buku " The Theory Of Catering" disebutkan bahwa "a menu or bill of fare is a list of prepared dishes which are avilable to a customer". Jadi dalam pengertian ini menu disamakan dengan a bill of fare atau daftar harga makanan.

Menu dapat pula diartikan sebagai pedoman yang baik bagi yang menyiapkan menu (dapur) dan juga merupakan pedoman penuntun bagi yang akan memakannya, karena mereka mempunyai gambaran tentang apa dan makanan apa yang akan dipesannya.

Menu mempunyai peranan penting di dalam sebuah restoran yaitu sebagai media untuk menjual produk restoran. Oleh sebab itu menu hendaknya mempunyai penampilan yang menarik, dan dapat merangsang orang untuk membeli apa yang tertera di dalamnya. Dapat dikatakan bahwa menu merupakan alat komunikasi antara bagian pengolahan makanan (dapur) dan tamu yang akan memakannya.

Dalam pembuatan daftar makanan (menu) dan daftar minuman (beverage list) dapat dilakukan secara terpisah maupun dijadikan satu.

Daftar makanan (menu) terdiri atas :

a. Berdasarkan berbagai jenis makanan yang dikelompokkan menurut urutan makanan, dimulai dari affetizer, soup, maincourse serta dessert, khususnya untuk makanan kontinental.
b. Sesuai dengan kelompok makanannya, khususnya untuk jenis makanan Eropa, Indonesia, Jepang, Korea dan lain-lain.

Daftar minuman (beverage list) terdiri atas:

a. Minuman tanpa alkohol, misalnya softdrink
b. Minuman beralkohol, misalnya whisky, brandy, cognan dan lain-lain.
c. Minuman campuran, dapat beralkohol maupun tanpa alkohol, misalnya whisky cola, singapore sling, gimlet, gin &tonic dan lain-lain.


sumber   : http://www.scribd.com/virmarianti/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar