Kamis, 31 Mei 2012

Ternyata Sinar Matahari Juga Bermanfaat


Banyak orang sering mengeluh karena terik sinar matahari yang panas, sehingga membuat malas untuk bepergian. Kebanyakan dari kita juga berusaha untuk menghindari sinar matahari. 
Seperti menggunakan payung untuk bepergian. Namun tahukah anda bahwa sinar matahari juga memiliki manfaat. Di bawah ini adalah beberapa dari manfaat sinar matahari. Semoga bermanfaat.

1. Vitamin D

Ini adalah manfaat yang paling utama yang sudah sering kita dengar. Saat berkas sinar ultraviolet disaring oleh kulit, maka sinar tersebut akan merubah kolesterol dalam tubuh menjadi vitamin D. Jadi usahakan agar kulit menerima paparan sinar matahari setidaknya 5 menit, dengan begitu maka tubuh dapat menerima vitamin D secara gratis dengan bantuan sinar matahari.

2. Membentuk dan memperbaiki tulang

Dengan adanya vitamin D yang terdapat dalam tubuh akan membantu meningkatkan penyerapan kalsium. Proses pembentukan tulang dan perbaikan tulang akan terbantu serta tubuh dapat terhindar dari penyakit seperti rakhitis dan osteomalacia.

3. Kekebalan

Menurut pendapat ahli, dengan berada 10 menit di bawah sinar matahari satu atau dua kali seminggu dapat mengurangi resiko terkena flu hingga 30-40 %. Sinar matahari yang mengenai kulit akan memberi tambahan sel darah putih, khususnya limfosit yang dapat menyerang penyakit. Kondisi ini akan membuat antibodi dalam tubuh ikut meningkat juga, dan mampu bertahan selama 3 minggu.

4. Pernafasan

Sinar matahari mampu meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkan ke jaringan. Karena banyaknya glikogen, maka sinar matahari juga mampu meningkatkan kebugaran pernafasan.

5. Kolesterol darah

Kadar kolesterol dalam darah dapat dikontrol dengan baik setelah kolesterol di bawah kulit diubah menjadi vitamin D. Kemudian otak dan tubuh memberikan sinyal kepada kolesterol dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit.

6. Mengurangi gula darah

Dengan bantuan sinar matahari dapat memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel tubuh. Hal ini dapat merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen, yang akan disimpan di hati dan otot.


sumber : http://wartabepe.staff.ub.ac.id








Tidak ada komentar:

Posting Komentar