Minggu, 27 Mei 2012

Persiapan Sebelum Merias Wajah


Dalam merias wajah perlu diketahui beberapa hal yang harus dilakukan sebelum diberi make up. Kulit wajah perlu dipersiapkan untuk menerima aplikasi kosmetik. Ini dilakukan
untuk mengetahui apakah kulit bebas dari kotoran, sisa-sisa kosmetik dan kelebihan minyak yang menempel pada kulit. Dengan kondisi kulit yang halus, bersih, dan tidak kusam akan memudahkan dalam pengaplikasian kosmetik sehingga akan menjadikan riasan terlihat sempurna dan tahan lama. Lalu, hal apa sajakah yang perlu diketahui? Berikut penjelasannya.

1. Membersihkan wajah

Ini merupakan dasar dari merawat kulit yang harus dilakukan setiap hari, dengan tujuan agar pori-pori bebas dari kotoran. Dalam membersihkan wajah, hal yang perlu diketahui yaitu :

a. Pakailah cleanser yang sesuai dengan jenis kulit anda, dan lakukan pembersihan sesuai dengan petunjuk yang tercantum dalam kemasan.

b. Jika anda menggunakan kosmetik berat, maka lakukan pembersihan wajah dengan cara sebagai berikut :
- Gunakan pembersih khusus untuk membersihkan kosmetik mata dan bibir. Garis mata dibersihkan dengan bantuan cotton bud dari arah luar menuju sudut dalam. Angkat lapisan yang masih berminyak dengan tisue. Hindari gerakan menggosok untuk mencegah terjadinya luka atau iritasi.
- Dalam membersihkan wajah, jangan lupa gunakan penyegar.
- Jika dalam membersihkan wajah belum maksimal, lakukanlah sekali lagi dan dapat dilanjutkan dengan menggunakan sabun muka.

c. Cleanser berbentuk sabun (batang, cair atau foam) biasanya tidak terlalu efektif untuk mengangkat sisa-sisa kosmetik.

2. Menyegarkan kulit wajah

Jika wajah sudah bersih, gunakan selalu penyegar sesuai dengan jenis kulit. Dengan tujuan untuk menyegarkan kulit dan juga mengurangi kadar minyak serta mengecilkan pori-pori.

3. Memaksimalkan kondisi kulit

Ini dapat dilakukan dengan cara mengaplikasikan serum khusus agar kondisi kulit tetap kenyal, segar dan lembut. Gunakan serum yang mengandung vitamin C untuk melembutkan kulit dan sodium hyaluronate untuk menutup kelembaban atau cari yang mengandung tumbuhan. Tahap ini dapat membantu kulit yang mengalami penuaan dini sehingga kulit tidak terasa kering dan kasar. Dengan begitu kulit akan terlihat lebih kencang dan dalam mengaplikasikan kosmetik akan lebih mudah sehingga hasilnya akan lebih memuaskan.

4. Pemakaian pelembab

Gunakan pelembab yang sesuai dengan kulit dan memberikan kelembaban dalam waktu lama. Pilihlah yang mengandung SPF, atau gunakan tabir surya setelah aplikasi pelembab. Dengan memakai pelembab, maka akan membuat kulit lebih kenyal, terlihat halus dan mulus sehingga make up akan tahan lebih lama.

5. Pemakaian alas bedak atau primer

Dengan memakai alas bedak akan menutup celah yang ingin ditutupi sehingga membuat wajah terlihat mulus dan lebih rata untuk diaplikasikan make up. Selain itu dapat membantu melindungi  dan menjaga agar kelembaban kulit tidak berkurang serta mencegah agar minyak pada kulit tidak bercampur dengan bedak.


sumber : duniakecantikanwanita.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar