Senin, 02 April 2012

Dapur Bersih, Dapur Sehat, Dapur Kita


Makanan yang sehat tidak hanya dilihat dari kandungan gizinya saja, tetapi dari cara penyajian dan pengolahannya juga perlu diperhatikan. Dapur merupakan tempat yang digunakan untuk melakukan aktifitas mengolah dan menyediakan bahan makanan. Dapur harus dijaga kebersihannya karena merupakan tempat yang digunakan untuk mengolah makanan, tempat mencuci dan menyimpan alat makan serta masak. Beberapa kebiasaan seseorang di dapur yang sering dilakukan yaitu merendam
makanan dan membiarkannya di dalam bak pencuci piring, mencuci peralatan masak dan makan dengan air mengalir saja tanpa sabun pencuci piring dan tidak mengganti spon yang sudah rusak atau kotor.

 Apabila dapur bersih maka proses pengolahan makanan akan terasa lebih nyaman. Bahan yang disimpan akan terjamin kebersihannya serta masakan yang dihasilkan akan bersih dan aman. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapur tetap bersih dan terjaga.

1. Cahaya
Cahaya merupakan faktor penting yang harus ada di dapur. Selain cahaya lampu, usahakan dapur anda memiliki cahaya langsung dari sinar matahari. Dengan adanya cahaya matahari yang cukup akan menjaga kelembaban dapur dan dapur akan terhindar dari jamur dan lumut.

2. Kebersihan
Selesai memasak, dapur harus dibersihkan. Jika ditunda, sisa hasil masakan akan menjadi kotoran yang menempel di dapur sehingga akan menyebabkan bau yang tidak sedap.

3.  Peralatan
Peralatan makan maupun memasak yang dibersihkan dengan tepat akan menjadi lebih tahan lama. Namun apabila tidak dirawat dengan benar akan menyebabkan kerusakan yang lebih cepat.

4. Zat kimia
Pemakaian zat pembersih kimia yang terlalu keras akan meninggalkan zat-zat yang berbahaya. Yang harus diperhatikan adalah dalam menjaga dapur tetap bersih dan tidak terlalu banyak bakteri, giunakan pembersih yang tidak mengandung obat yang sangat keras.

5 Hemat energi
Penggunaan energi yang tidak perlu bisa juga mengakibatkan timbulnya kotoran, misalnya koil kondensor di belakang lemari pendingin yang kotor akan membuat kompresor bekerja lebih keras dan lebih panas. Ini membutuhkan energi yang tidak sedikit. Oleh karena itu hematlah energi semaksimal mungkin.

sumber : http://food.ghiboo.com/cara-efektif-menjaga-kebersihan-dapur





Tidak ada komentar:

Posting Komentar