Sabtu, 07 April 2012

Aneka Olahan Dari Beras

Beras merupakan bahan makanan pokok khas Indonesia. Dengan beras kita dapat membuat berbagai macam olahan lain selain nasi putih, nasi goreng maupun nasi kuning. Bahan yang digunakan memang simpel tapi rasanya hmmm......menggoyang lidah. Berikut beberapa resep dari beras yang dapat menambah daftar buku resep anda dan selamat mencoba.


1. Nasi Gurih

Bahan :
- 6 mangkok beras
- 6 mangkok santan

Bumbu :
- 2 lembar daun salam
- 1 lembar daun pandan
- 2 batang serai

Cara membuat :

Beras dimasak seperti menanak nasi biasa tetapi airnya diganti dengan santan dan diberi bumbu-bumbunya. Menghidangkannya dapat disajikan dengan lauk seperti semur, opor, serundeng, tahu bumbu dendeng ragi dan timun.


2. Nasi Kebuli

Bahan :
- 6 mangkok beras
- 6 mangkok santan

Bumbu :
- 1 sdt ketumbar
- 1/2 sdt jinten
- 1/2 sdt merica
- 1 batang kayu manis
- 5 biji cengkeh
- 1 potong jahe (ditumbuk halus)
- 1 potong laos
- 1 batang serai
- 2 lembar daun jeruk purut
- Sedikit pala, garam dan vitsin secukupnya

Cara membuat :
Beras dimasak seperti menanak nasi biasa tetapi airnya diganti dengan santan dan diberi bumbu-bumbunya. Menghidangkannya dapat disajikan dengan lauk seperti tahu goreng, telur rebus digoreng kemudian diberi sambal, daun seledri dan mentimun.


3. Nasi Langgi

Bahan :
- 6 mangkok beras
- 6 mangkok santan

Bumbu :
- 1 potong laos
- 1 batang serai
- 1 lembar daun pandan
- 5 buah bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1/2 mangkuk ketumbar
- Sedikit jinten, garam dan vitsin secukupnya

Cara membuat :
Beras dimasak seperti menanak nasi biasa tetapi airnya diganti dengan santan. Bumbu ditumbuk halus lalu dimasukkan. Menghidangkannya dapat disajikan dengan lauk seperti semur, opor, sate, serundeng, tahu goreng, telur rebus digoreng kemudian diberi sambal, daun seledri dan mentimun.

4. Nasi wijen

Bahan :
- 1 mangkuk beras
- 3 mangkuk wijen
- 2 mangkuk air
- 1 sdm minyak goreng atau mentega

Bumbu :
- Garam dan vitsin secukupnya

Cara membuat :
Air, garam, vitsin dan minyak goreng / mentega dididihkan. Tambahkan beras dan biarkan mendidih. Kecilkan api dan biarkan sampai matang. Setelah matang, angkat dari api tapi biarkan dahulu di dalam panci kurang lebih 5-10 menit. Keluarkan dan padatkan di tempat yang berlubang di tengahnya. Lalu tuangkan dengan hati-hati di piring yang hangat. Taburkan wijen yang telah disangrai di atasnya. Hidangkan dengan saos putih dan parutan keju.

1 komentar: