Rabu, 11 April 2012

Mengurangi Timbulnya Jerawat Di Wajah


 Wajah merupakan pesona yang dimiliki oleh setiap manusia baik itu perempuan maupun laki-laki. Hal ini dikarenakan apabila kita bertemu seseorang yang pertama kali diperhatikan adalah wajah. Namun bagaimana jika di wajah timbul jerawat? pastinya akan mengganggu penampilan setiap orang. Jerawat bisa saja terjadi pada setiap orang, khususnya yang memiliki wajah berminyak. Kehadiran jerawat dapat dikendalikan asalkan kita mau merubah kebiasaan dan melakukan sedikit usaha untuk menghindari munculnya jerawat.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi timbulnya jerawat yaitu sebagai berikut :


1. Tidur

Dengan tidur yang cukup dan teratur dapat membantu mengurangi jerawat. Hal ini dikarenakan saat tidur, kulit beregenerasi dan membuang racun yang berbahaya sehingga saat bangun keesokan harinya kulit menjadi segar.

2. Cuci wajah

Mencuci wajah 2 kali sehari akan membantu mengurangi minyak di permukaan kulit kita. Jika jarang dibersihkan maka bakteri penyebab jerawat akan tumbuh subur di wajah. Dalam mencuci wajah, jangan menggosok wajah secara berlebihan karena dapat menyebabkan tingginya produksi minyak sobaceous yang dapat menyebabkan masalah kulit pada wajah. Mencuci wajah sebelum tidur juga dianjurkan karena dengan muka yang bersih kulit dapat beregenerasi dengan baik.

3. Mengeringkan wajah dengan handuk

Setelah cuci muka atau mandi, keringkan wajah dengan handuk yang bersih dan kering. Jangan terlalu keras menggosok wajah dengan handuk cukup ditempelkan secara perlahan sampai kering. Handuk yang basah bisa jadi banyak bakteri di dalamnya karena bakteri menyukai tempat yang lembab dan hangat.

4. Air putih

Perbanyak minum air putih minimal 2 liter sehari, karena tubuh kita 80% terdiri dari air.

5. Sayur dan buah

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh kita dan dapat menyehatkan kulit. Dengan memperbanyak makan sayur dan buah terutama yang mengandung vitamin E akan membuat kulit sehat sehingga jerawat sulit tumbuh dan berkembang.

6. Kosmetik

Dalam menggunakan kosmetik, pilihlah kosmetik yang sesuai dengan kondisi kulit wajah anda. Jika tidak sesuai bisa jadi jerawat akan mendatangi kulit wajah anda. Jadi saat membeli kosmetik harus berhati-hati.


sumber : http://www.pusatgratis.com/info/9-tips-menghilangkan-jerawat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar