Sabtu, 21 April 2012

Berbagai Macam Alat yang Terdapat di Dapur


Orang yang biasa berada di dapur pasti sudah tidak asing dengan berbagai macam alat dapur dan kegunaannya. Namun bagaimana dengan orang yang tidak biasa berada di dapur, mereka pasti akan kebingungan mencari benda yang diperlukan untuk memasak. Apalagi bagi yang baru belajar masak, pasti mencari referensi berbagai macam alat yang biasa digunakan di dapur. Di bawah ini beberapa alat yang biasa di dapur, dari yang sederhana sampai yang modern.

1. Tungku, alat tradisional yang digunakan untuk memasak dengan bahan bakar kayu dan terbuat dari bahan tanah liat atau batu bata.

2. Anglo, alat tradisional yang digunakan untuk memasak dengan bahan bakar arang, terbuat dari besi atau tanah liat.

3. Kompor minyak, digunakan untuk memasak dengan bahan bakar minyak tanah. Tergabung dari berbagai macam komponen seperti tali sumbu, tempat minyak, cerobong api, tempat panci dan lain-lain.

4. Kompor gas, digunakan untuk memasak dengan bahan bakar gas alam atau liquid petroleum gas (lpg). Bahan bakar gas sangat disukai karena emisi buangan yang bersih dan hasil pembakaran yang baik.

5. Kompor briket batubara, menggunakan potongan-potongan batubara sebagai bahan bakarnya. Sekali dinyalakan, kompor briket tidak dapat dimatikan, sehingga perlu diperhatikan jumlah briket yang dipakai sebelum memasak agar tidak terjadi pemborosan.

6. Kompor listrik, menggunakan energi listrik yang diubah menjadi energi panas dalam bentuk api.

7. Oven dan microwave, digunakan untuk memanaskan ruangan yang sebelumnya telah diisi makanan yang hendak dimasak. Oven dapat digunakan dengna bahan bakar gas, minyak tanah, briket dan lain-lain. Sedangkan microwave biasanya menggunakan energi listrik yang diubah menjadi gelombang microwave yang sangat panas.

8. Dandang, alat untuk memasak nasi yang terbuat dari tembaga yang bentuknay seperti topi tukang sulap terbalik.

9. Langseng, alat untuk memasak yang memiliki dua bagian yang terpisah yang kemudian digabung saat memasak, dimana ynag bawah berisi air, dan yang atas berisi makanan yang mau dimasak.

10. Cerek / ceret, alat untuk memasak air yang ketika mendidih akan mengeluarkan uap pada ujung moncongnya dan mengeluarkan bunyi seperti bersiul.

11. Wajan atau penggorengan, terbuat dari besi aluminium maupun stainless steel yang digunakan untuk menggoreng atau menumis masakan.

12. Panci, alat yang digunakan untuk merebus atau memasak makanan yang mengandung air yang terbuat dari besi aluminum maupun stainless steel.

13. Presto cooker, digunakan untuk melunakkan dan mengempukkan makanan yang keras dengan tekanan tinggi. Misalnya untuk melunakkan duri ikan, tulang ayam dan lain-lain.

14.  Tampah, terbuat dari anyaman bambu untuk menampih eras untuk dimasak menjadi nasi.

15. Centong, digunakan untuk mengambil nasi yang terbuat dari kayu. Namun sekarang sering kita menemui centong yang terbuat dari bahan plastik, besi aluminium dan sebagainya.

16. Talenan, Digunakan sebagai alas untuk mengiris bahan makanan.

17. Parutan / parut, digunakan untuk memarut bahan makanan seperti kelapa, singkong, kentang, wortel, jahe dan lain sebagainya.

18. Cobek / ulekan, digunakan untuk menghancurkan bumbu atau bahan makanan dengan cara mengulek agar menjadi halus.

19. Irus, digunakan untuk mengaduk sayuran atau masakan berair yang terbuat dari tempurung kelapa, besi aluminium dan lain-lain.

20. Blender, digunakan untuk menghaluskan serta mencampur makanan basah. Blender biasa digunakan untuk membuat jus buah dan sayur.

21. Mixer, digunakan untuk mengaduk adonan makanan.

22. Toaster, digunakan untuk memanggang roti yang berbahan bakar listri.

23. Rice cooker, digunakan untuk memasak nasi secara otomatis dengan energi listrik.


sumber : http://dita-ismaini.blogspot.com


2 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus