Kamis, 19 April 2012

Wajah Kusam Tampak Cerah kembali


Kulit yang kusam sering membuat para perempuan menjadi tidak percaya diri untuk tampil di depan umum. Seringkali mereke menutupimya dengan menggunakan kosmetik, tapi ini tidak akan berhasil karena bisa saja keringat akan menghapus kosmetik anda tersebut. Bisa juga dengan seminggu sekali pergi ke salon untuk memanjakan wajah tapi uang di kantong tidak cukup. Berarti pupus sudah harapan memiliki kulit cerah. Hi..hei..hei....ini belum berakhir masih ada satu jalan yaitu dengan menggunakan bahan alami. Di Indonesia banyak tumbuh-tumbuhan yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Selain mudah didapat, dengan menggunakan bahan alami dapat juga terhindar dari adanya efek samping. Berikut beberapa bahan yang dapat digunakan :


1.  Pepaya, jeruk nipis

Pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat sebagai eksfoliator yaitu membersihkan kotoran dan mengangkat sel-sel kulit mati, dengan begitu kulit menjadi lebih halus, lembut dan cerah. Pepaya juga mengandung vitamin c yang bermanfaat sebagai antioksidan.
Caranya : Ambil setengah pepaya yang masih muda, parut hingga lembut. Campur dengan beberapa tetes jeruk nipis yang juga banyak mengandung vitamin c. Aduk hingga rata. Oleskan ke wajah, leher dan seluruh bagian tubuh yang ingin diputihkan dan dicerahkan. Lakukan satu kali seminggu agar hasilnya maksimal.

2. Mentimun, lemon

Mentimun adalah buah yang banyak mengandung air, namun tidak memiliki kalori sehingga bermanfaat untuk menyegarkan sekaligus melembabkan kulit. Selain itu juga kaya niacin yang bisa mencerahkan kulit.
Caranya : Ambil setengah buah mentimun ukuran sedang. Parut dan hancurkan hingga remuk. Teteskan perasan lemon sebanyak 10 tetes. Aduk sampai rata dan oleskan ke wajah, leher dan seluruh bagian tubuh yang diinginkan. Biarkan 15 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari selama satu bulan. Setelah satu bulan bisa mengurangi perawatan satu atau dua kali sebulan.

3. Yogurt, jeruk

Yogurt mengandung banyak vitamin C dan B3 yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit.
Caranya : Campur 2 sdm yogurt dan 1 sdm perasan jeruk. Aduk sampai tercampur rata. Oleskan ke wajah dan leher serta bagian tubuh lain yang ingin terlihat cerah. Biarkan selama 15 menit. Lakukan setiap hari selama sebulan dan lihat hasilnya. setelah satu bulan, ulangi perawatan satu atau dua minggu sekali.
Catatan : apabila kulit yang ingin dicerahkan lebih banyak, tentunya campuran yogurt dan perasan jeruk diperbanyak. Disesuaikan dengan penampang kulit yang ingin dirawat. Selain itu, bagi kulit yang sensitif, gunakan yogurt lebih banyak dari campuran biasanya. Cukup teteskan 5 sampai 6 tetes jeruk pada 2 sendok yogurt.

4. Madu, lemon

Madu mengandung niacin dan vitamin C yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit.
Caranya : Ambil 2 sdm madu dan campur dengan perasan lemon dengan jumlah yang sama. Aduk sampai rata. Oleskan pada wajah dan leher serta bagian tubuh lain yang diinginkan. Biarkan selama 15 menit dan bilas sampai bersih. Lakukan setiap hari selama 1 bulan. Untuk perawatan selanjutnya bisa mnelakukan satu atau dua kali seminggu.

5. Stroberi, susu

Kandungan vitamin C pada stoberi sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Sementara antioksidannya dapat mencegah proses oksidasi yang bisa menyehatkan kulit.
Caranya : Ambil 5 butir sroberi ukuran kecil. Parut dan hancurkan sampai berbentuk butiran kecil. Tuang susu segar secukupnya. Oleskan ke wajah, leher dan bagian tubuh yang diinginkan. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dnegn air bersih. Lakukan 2 kali seminggu sampai kulit terlihat lebih cerah.

6. Tomat, oatmeal

Tomat mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu juga kaya akan antioksidan yang mencegah proses oksidasi sehingga kulit menjadi lebih sehat.
Caranya : Ambil satu buah tomat sedang dan matang, hancurkan. Tambahkan oatmeal dan susu secukunya. Aduk sampai rata. Oleskan ke wajah, leher dan seluruh tubuh yang diinginkan. Biarkan 20 menit atau sampai mengering. Bilas dengan air dingin. Lakukan seminggu sekali sampai kulit lebih cerah.


sumber : http://sweetspearls.com/health/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar