Kamis, 12 April 2012

Membuat Kue Dari Singkong


Singkong merupakan salah satu makanan pokok yang terdapat di Indonesia. Bentuknya yang panjang, memiliki kulit sedikit tebal dan berasal dari umbi ketela pohon. Singkong ini juga dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Ada juga daerah yang menyebutnya dengan nama "nasi tiwul", makanan ini terkenal di daerah Wonogiri. Selain itu singkong juga dapat disajikan dalam bentuk kue, Berikut berbagai macam resep yang berbahan utama singkong.

1. Kue bola singkong

Bahan :

- 1 buah singkong sedang
- 3 butir telur ayam
- 1/2 mangkok gula pasir
- 5 sdm santan kental
- Vanili dan garam secukupnya

Cara membuat :
Singkong diparut kira-kira menjadi setengah mangkok. Diperas, dikeluarkan airnya. Telur dan gula dikocok sampai buihnya naik, tuangkan santan, vanili dan garam sambil dikocok terus. Setelah itu masukkan singkong dan campur secara perlahan-lahan. Ambil loyang diolesi mentega dan tepung sedikit. Tuangkan adonan tadi dan dibakar seperti membuat roti bolu biasa.

2. Kue nona manis

Bahan :
- 1/2 kg singkong
- 1/2 mangkok parutan kelapa
- Unti
- Garam, sumba atau pewarna dan air secukupnya

Cara membuat :
Singkong dikupas, dicuci dan diparut, lalu dicampur dengan parutan kelapa dan diberi pewarna. Jika terlalu kering bisa ditambah air. Masaklah air 3/4 panci dan didihkan. Cetaklah adonan pada tutup panci sebelah dalam sampai rata dan tipis, lalu tutupkan pada panci tersebut, biarkan sampai kurang lebih 5 menit. Kalau sudah masak, angkat dan lepaskan. Letakkan unti ditengahnya kemudian dibentuk atau digulung dengan cara mengangkat keempat sisinya (kiri-kanan) dan dilipat ke dalam.

3. Tar singkong

Bahan :
- 1/2 kg singkong
- 2 butir telur ayam
- 1/2 mangkok tepung beras
- 1 mangkok gula pasir
- 1/2 mangkok santan kental
- Garam, vanili dan sukade

Cara memasak :
Singkong diparut lalu agak diperas. Kuning telur dikocok dengan gula sampai buihnya naik. parutan singkong, tepung beras dan santan dijadikan satu kemudian dicampur dengan kocokan telur ditambah vanili, garam dan sukade. Putih telur dikocok sampai buihnya naik, kemudian dimasukkan dan diaduk secara perlahan-lahan. Cetak pada loyang yang sudah diolesi mentega dan dipanggang pada oven.

4. Apem singkong

Bahan :
- 1 kg singkong parut
- 1/4 tape singkong
- 1/4 kg gula pasir
- 1/2 buah kelapa
- 12 lembar daun suji
- Garam dan vanili secukupnya

Cara membuat :
Parutan singkong dicampur tape dan diremas-remas, masukkan gula dan biarkan sampai 5 jam. Daun suji ditumbuk dan diambil airnya, lalu campurkan pada adonan yang sudah naik. Dikukus dalam wadah kecil-kecil, biarkan sampai matang. Dihidangkan bersama parutan kelapa yang dibubuhi garam secukupnya.

5. Lapis singkong

Bahan :
- 1/2 kg singkong
- 1/2 cangkir santan
- Gula dan garam secukupnya
- Sumba pewarna

Cara membuat :
Setelah dikupas dan dicuci, singkong diparut. Campur dengan gula, sedikit garam dan santan, campur menjadi satu sampai rata. Setelah itu adonan dibagi menjadi empat bagian (atau menurut selera) dan setiap bagian diberi warna berlainan. Masukkan ke dalam cetakan dengan warna berturutan, lalu dikukus sampai matang. Dipotong-potong bila sudah dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar