Senin, 09 April 2012

Telinga Juga Butuh Perawatan


Mengorek telinga memang dianggap kegiatan yang mengasyikkan. Perlu diketahui bahwa mengorek telinga dengan cara yang tidak  benar bisa berakibat fatal. Benda yang digunakan seperti batang korek api, tisu, cotton bud, jari dan lain sebagainya, belum tentu dapat membersihkan telinga dengan benar. Bisa jadi apabila salah melakukan gesekan pada telinga dapat menyebabkan dinding saluran telinga luar menjadi peradangan yang tidak bisa dianggap sepele. Jika parah bisa berakibat terjadinya bisul atau jenis penyakit lainnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan telinga :

1. Saat membeli alat pembersih telinga pilih yang kecil (untuk baby), apabila memilih yang besar bisa jadi tidak membersihkan telinga tapi kotoran yang berada di telinga malah masuk ke dalam telinga. Serta pilihlah yang nyaman dan memiliki bentuk kapas yang padat. Hal ini dilakukan agar saat membersihkan telinga kapas yang berada di alat pembersih telinga tidak terlepas saat digunakan.

2. Saat membersihkan telinga, lakukan dengan perlahan tidak usah terburu-buru. Lakukan dengan gerakan memutar.

3. Setelah kotoran yang menempel pada alat pembersih dirasa cukup, ganti dengan yang baru dan ulang sampai benar-benar bersih.

4. Jika ingin memiliki hasil yang maksimal dan bersih, basahi alat pembersih telinga dengan air hangat atau bisa juga minyak kayu putih lalu lakukan seperti diatas tadi.

Selain itu, beberapa hal dibawah ini juga dapat membantu membersihkan telinga :


1. Setiap gerakan dalam mengunyah makanan dapat membantu mengeluarkan kotoran pada telinga. Untuk mengetahui secara detail dapat dilakukan dengan mengunyah permen karet.

2. Dengan terapi lilin juga dapat membantu membersihkan kotoran yang berada pada telinga.

sumber :  http://health.lintas.me/go/kucoba.com/cara-membersihkan-telinga-yang-baik-dan-benar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar