Kamis, 25 Oktober 2012

Perbedaan Mengolah Ayam dan Bebek


    1.   Ayam

Di pasar dapat ditemui para penjual ayam yaitu daging ayam kampung dan daging ayam petelur. Ayam kampung lebih kurus dan tidak setebal ayam petelur. Hal ini
dikarenakan ayam kampung butuh waktu lama untuk menjadi besar daripada ayam petelur. Sehingga lebih baik dijual ketika belum terlalu besar. Karena jika sudah tua diolah, daging ayam kampung akan menjadi alot.

Kelebihan ayam kampung :
-   Kaldu ayam kampung dapat memberikan rasa yang gurih
-   Lemaknya tidak banyak seperti ayam petelur
-   Baunya tidak amis seperti ayam petelur

Kelemahannya :
-    Dagingnya tidak empuk seperti ayam petelur
-    Membutuhkan waktu lama agar dagingnya menjadi empuk

Cara memilih ayam kampung yang baik :
-   Pilihlah ayam yang masih segar serta tidak terlalu berbau amis
-   Pilihlah yang berwarna putih dan tidak kebiruan
-   Daging yang bagus, jika ditekan akan terasa kenyal

2.   Bebek

Daging bebek yang enak adalah bebek yang impor. Karena daging akan terasa lebih empuk daripada daging bebek lokal. Tapi jika hanya menggunakan bebek lokal tetap masih bisa menghasilkan masakan bebek yang enak dengan waktu memasak lebih lama.

Ciri khas daging bebek
Daging bebek memiliki bau yang amis namun dapat kita siasati dengan membuang lemaknya di bagian bawah, di dekat ekor. Selain itu juga dapat dilakukan dengan penggunaan rempah yang banyak. Daging bebek memiliki serat yang banyak sehingga keras rasanya. Oleh karena itu apabila anda mengolah bebek menjadi bebek goreng atau panggang maka rebus daging bebek terlebih dahulu ke dalam bumbu hingga matang. Setelah itu, goreng atau panggang bebek hanya untuk memberi warna.

Cara memilih daging bebek
Lebih baik belilah bebek yang masih hidup daripada bebek yang sudah bersih. Hal ini dikarenakan peminat daging bebek tidak sebanyak daging ayam. Akibatnya bebek tidak laris seperti daging ayam. Sehingga kita tidak bisa menduga seberapa lama bebek itu dipotong.
Bebek yang masih hidup dapat dilihat dari kondisi tubuhnya. Pilihan utama tentu bebek yang gemuk dan lincah. Untuk mengetahuinya seberapa sehat bebek, buat agar bebek anda terkejut.  Perhatikan respons bebek. Apabila reaksi bebek terhadap kejutan cepat berarti itu yang sehat. (BbS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar