Jumat, 26 Oktober 2012

Tips Hidup Hemat


Kenaikan bahan bakar minyak ( BBM) setiap tahunnya akan memicu semua harga kebutuhan, baik itu kebutuhan primer maupun yang lainnya. Sehingga akan menimbulkan gejolak di
mana-mana. Untuk mengatasinya kita harus melakukan hidup hemat. Di bawah ini adalah tips untuk hidup hemat :

1. Rencanakan untuk melakukan penghematan dari semuanya, seperti penggunaan air, listrik dan telepon.

2. Bagi anda yang memiliki kendaraan bermotor, jika ingin bepergian, lakukanlah yang sudah merupakan rutinitas saja. Anda juga dapat melakukan bepergian bersama-sama jika tujuannya searah.

3. Biasakan untuk menabung dari apa yang anda peroleh. Besar dan kecilnya tergantung dari penghasilan. Hindari pengeluaran yang lebih banyak dari pemasukan.

4. Lakukan penghematan emat dalam membelanjakan uang anda, terutama yang bukan merupakan kebutuhan primer.  Jika memang kebutuhan tersebut tidak terlalu penting dan masih bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lebih utama.

5. Biasakan untuk melakukan hidup sehat, bukan berarti mengkonsumsi makanan yang mahal, yang terpenting adalah asupan gizinya.

6. Usahakan untuk sarapan pagi di rumah. Selain hemat, sarapan lebih awal baik metabolisme tubuh.

7. Ajaklah teman saat berbelanja, yang anda anggap baik dalam menangani uang. Pendapatnya pasti sangat berharga dan akan membantu anda berhemat.

8. Pandai-pandailah dalam memilih barang ber-merk yang menjadi impian banyak orang. Tapi apabila isi dompet tidak mencukupi, anda memang harus bersabar menunggu potongan  harga. Atau tanyakan kepada teman di mana anda bisa mendapatkan barang bermutu dengan harga murah. (BbS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar