Jumat, 26 Oktober 2012

Cara Mengatasi Anak Pemalu


Beberapa orang tua seringkali merasa kebingungan saat anak mereka memiliki rasa pemalu. Karena ini akan berpengaruh terhadap perkembangan kehidupan sosial di
masa depan. Seorang anak pemalu biasanya membatasi pengalaman mereka. Tidak mengambil resiko sosial yang diperlukan dan hasilnya mereka tidak akan memperoleh kepercayaan diri dalam berbagai situasi sosial. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi seorang anak pemalu.

  1. Bermain berdua
Bermain berdua dengan teman merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri sosial pada anak. Anak anda dapat mengundang seorang teman untuk berkunjung dan bermain agar mereka bisa lebih saling mengenal dan melatih kemampuan menjalin pertemanan. Sediakan makanan ringan dan jaga agar kegiatan ini tidak terganggu oleh kakak atau adiknya serta televisi.

  1. Bermain dengan teman yang lebih muda
Ajaklah anak anda untuk bermain dengan teman atau saudara yang lebih muda untuk beberapa waktu.

  1. Kontak mata
Saat anda berbicara, katakan pada anak anda “ Tatap mataku” atau “Lihat aku”. Dengan kesadaran untuk menguatkan kemampuan dan menerapkan metode ini  secara teratur maka anak anda akan terbiasa melakukan kontak mata saat berbicara.

  1. Interaksi sosial
Siapkan anak anda untuk menghadiri acara sosial dan jelaskan bagaimana suasananya lalu bantulah untuk mempraktikkan bagaimana bila bertemu dengan orang lain hingga mengatakan selamat tinggal dengan baik. (BbS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar