Selasa, 23 Oktober 2012

Gejala Mengenal Alergi


Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar atau pernah mengalami timbulnya bercak-bercak atau bentolan kulit yang gatal serta menyebar di seluruh permukaan kulit.
Hal ini terjadi beberapa saat setelah kita mengkonsumsi suatu jenis makanan tertentu.

Gejala akan timbulnya alergi ini sangatlah diperlukan sehingga kita dapat waspada mengenai hal-hal yang dapat membahayakan tubuh. Proses pencernaan makanan akan mempengaruhi waktu, lokasi dan gejala alergi makanan.

Bisa jadi, setelah memakan makanan tertentu selang beberapa menit atau berjam-jam kemudian akan timbul gejala alergi. Gejala ini berawal dari alergi makanan yang berupa rasa gatal pada mulut, kesulitan menelan dan bernafas.

Saat makanan sudah mencapai lambung dan usus halus, gejala yang timbul dapat berupa rasa mual, muntah, diare dan nyeri perut. Seperti disebutkan di atas alergi akan menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Saat mereka mencapai kulit, alergen akan menyebabkan terjadinya eksim. Pada saat mereka mencapai perut, alergen dapat mencetuskan terjadinya asma.

Gejala alergi yang paling ditakutkan dikenal dengan nama anafilaktik syok. Gejala ini ditandai dengan tekanan darah yang menurun, kesadaran menurun dan bila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. (BbS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar