Selasa, 24 Juli 2012

Tetap Cantik Meski Kulit Berminyak


Kulit  berminyak terjadi karena terjadi kelebihan sebum yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.  Ini dapat membuat wajah menjadi sangat berminyak dari biasanya, tampak kusam
dan dapat menimbulkan jerawat serta komedo. Namun jangan khawatir bagi anda yang memiliki kulit berminyak, karena kulit akan  mengalami masa penuaan lebih lambat. Kulit yang berminyak memiliki kelembaban alami yang cukup sehingga tidak memerlukan banyak perawatan.  Di bawah ini merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kulit yang berminyak tetap cantik.

1.     Pembersih wajah.

Saat membersihkan wajah gunakan air hangat dan juga sabun yang ringan. Kemudian lap wajah secara lembut dengan menggunakan handuk. Ini dilakukan bagi anda yang lebih suka cara sederhana. Lalu bagi anda yang lebih suka menggunakan produk pembersih wajah pilihlah yang berformula lembut  dan tidak membuat kulit kering. Apabila wajah mudah berjerawat, pilihlah pembersih yang mengandung salicylic acid

2.     Penggunaan pelembab.

Setelah wajah dibersihkan jangan lupa untuk menggunakan pelembab. Pilihlah pelembab yang bertekstur ringan yang oil free dan non comedogenic. Pelembab yang berbentuk lotion atau gel lebih baik digunakan daripada yang berbentuk  krim. 

3.     Penggunaan sunblock

Hindari penggunaan sunblock yang ber SPF tinggi karena semakin tinggi kandungan SPF makan semakin banyak pula minyak yang terkandung. Jadi cukup gunakan krim tabir surya yang mengandung SPF paling tinggi maksimal 30.

4.     Pemakaian toner

Pilihlah toner atau astringent yang mengandung aseton karena aseton dapat membantu menghilangkan minyak pada kulit. Agar memiliki kulit yang tetap cerah dan halus, lakukanlah exfoliate 2 kali seminggu.

5.     Masker wajah

Memakai masker yang dibuat sendiri atau masker yang mengandung lumpur atau tanah liat sangat baik untuk kulit berminyak karena dapat membantu mnyerap minyak berlebih.

6.     Pemakaian make up

Gunakan make up yang memiliki kandungan mineral di dalamnya. Selain kecil kemungkinan terkena iritasi, dengan menggunakan make up ini dapat juga menghindari timbulnya masalah komedo. Pilihlah foundation yang berbentuk cair dan bedak tabur untuk merias wajah. Hindari penggunaan bedak two-way cake karena dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan membuat kulit menjadi semakin berminyak. 
Pemakaian blush on yang berbentuk bubuk lebih baik daripada yang berbentuk krim.

Sumber : wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar