Senin, 26 November 2012

Tips Memilih Telur


Telur merupakan salah satu bahan makanan yang wajib disediakan di rumah. Sayangnya telur mudah rusak. Oleh karena itu sebelum membeli, sangat penting untuk memilih
telur yang benar-benar segar. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih telur yang baik dan segar.

  1. Pilih telur yang cangkangnya berbintik kasar dan berkapur, karena itulah tanda telur masih baru. Hindari telur yang berkulit halus dan mengkilap, karena itu merupakan tanda telur yang sudah lama. Telur yang usianya sudah lama akan berpengaruh buruk ke hasil jadi makanan.

  1. Jangan mengeluarkan telur dari kemasan kardus dengan paksa. Cara mudahnya yaitu dengan membasahi kardus tersebut. Air akan membantu menghilangkan lengket antara telur dan kardus, sehingga telur dapat dengan mudah diambil.

  1. Simpan telur dalam suhu ruang. Jika ingin lebih tahan lama, simpan dalam pendingin. Jangan lupa sebelum mengolahnya, diamkan dahulu dalam suhu ruangan hingga mencapai suhu normal.

  1. Bersihkan kotoran ayam yang menempel pada kulit telur dengan digosok secara perlahan. Tidak perlu digosok hingga kulit halus dan benar-benar bersih, karena lapisan kapur pada cangkang telur juga berfungsi melindungi telur serta isinya. Cangkang yang dibersihkan dengan digosok keras-keras akan mengikis lapisan cangkang sehingga lebih tipis dan dapat menyerap bau dengan mudah.

  1. Cara lain untuk mengetahui kesegaran telur adalah dengan dimasukkan ke dalam air. Jika tenggelam berarti telur itu segar. Namun jika mengapung dan beraroma khas tanah, berarti telur telah berumur lama dan tidak segar.
Sumber  : nYata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar