Senin, 26 November 2012

Membuat Pembersih Alami Sendiri


Dalam merawat kulit dibutuhkan ketepatan dalam pemilihan pembersih. Segala macam pembersih kini telah beredar di pasaran, sehingga membuat kita kebingungan  untuk
menentukan pilihan, belum lagi biaya yang dibutuhkan untuk membeli pembersih tersebut. Namun tidak ada salahnya apabila kita membuatnya sendiri. Bahan bakunya berasal dari alam yang mudah didapat seperti kedelai, madu dan buah-buahan.

1.     Susu kedelai

Di dalam susu kedelai mengandung senyawa isoflavon yang bekerja mirip estrogen. Senyawa ini mampu menghambat proses penuaan kulit. Oleh karen aitu susu kedelai populer sebagai bahan perawatan kulit.

Resep:
-   1 cangkir susu kedelai
-   ½ cangkir bubuk havermut
-   1 sdm madu

Cara membuat :
Masukkan semua bahan ke dalam blender, haluskan. Tuang campuran ke dalam tutup botol yang bersih, tutup rapat dan simpan di dalam lemari pendingin. Campuran in dapat bertahan selama 2 – 3 minggu.

Cara pemakaian :
Oleskan ke kulit wajah sambil dipijat ringan. Cuci dengan air hangat dan keringkan kulit.

2.     Madu

Pemakaian madu sebagai pembersih wajah memang sudah berlangsung sejak berabad-abad lamanya. Efektifitasnya sebagai pelembab disebabkan oleh kemampuan madu menarik kelembaban udara, sehingga kulit tetap terjaga kelembabannya.

Resep :
-   ¼  cangkir madu
-   ¼  cangkir air
-   2 sdm sabun cair

Cara membuat :
Aduk perlahan campuran bahan hingga rata. Jangan mengocok campuran tersebut untuk menghindari terbentuknya buih. Simpanlah di dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat.

Cara pemakaian :
Ambil campuran secukupnya, gosokkan perlahan di daerah wajah selama 1 menit dan selanjutnya dibilas air hangat.

Catatan ; sabun cair dapat dibuat dari sabun padat yang bermutu baik khusus wajah yang diencerkan dengan air sampai larut.

3.     Susu

Susu adalah pembersih kulit yang efektif, terutama karena kerjanya yang ringan. Bahan ini sangat ideal bagi kulit sensitif.

Resep :
-   ½ cangkir air
-   ¼ cangkir susu berlemak
-   2 sdm soda kue
-   1 kuning telur

Cara pembuatan :
Semua bahan dicampur hingga merata. Tuangkan ke dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat.

Cara pemakaian :
Tuangkan sedikit pada kain yang bersih, usapkan pada wajah dan leher. Cuci dengan air hangat dan keringkan kulit.
Sumber : nYata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar