Minggu, 25 November 2012

Garam Sebagai Pembersih


Penggunaan garam yang tidak sesuai dapat merusak lingkungan. Misalnya lahan yang kering dapat memiliki kandungan kadar garam tinggi atau pencemaran pada
persediaan air. Selain itu, garam juga dapat digunakan untuk sesuatu yang berguna yaitu sebagai pembersih. Di bawah ini ada beberapa kegunaan garam sebagai pembersih.

      1.   Tumpahan noda kopi atau teh

Taburkan garam pada bagian yang terkena noda, tambahkan sedikit air dan gosok secara perlahan. Setelah itu cucilah dengan air bersih.

2.   Kotoran pada kompor

Noda hangus, taburi garam yang telah diberi kayu manis di permukaan yang terkena noda, segera bersihkan dengan mengelapnya. Sedangkan untuk noda minyak dan cairan lainnya, taburi garam dan kayu manis, diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bersihkan dengan mengelapnya.

3.   Noda pada oven

Taburi garam di dalam oven. Diamkan hingga noda mengering dan menjadi kerak. Setelah oven dingin,
bersihkan noda tersebut dengan spatula.

4.   Kotoran pada lemari es

Campur garam dan soda kue dengan perbandingan yang sama, lalu taburkan pada permukaan spons lembab dan gunakan untuk mengelap lemari es.

5.   Pipa saluran

Garam dan air panas dalam jumlah yang sebanding yang kita tuang ke dalam saluran pipa akan dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap dan dapat membantu melarutkan minyak. Selain itu juga dapat membantu memperpanjang usia pipa. Tapi cara ini sebaiknya tidak dipakai pada sistem pembuangan air limbah kotor, karena dapat membunuh bakteri baik yang berperan sangat penting untuk menghancurkan zat padat.

6.   Membebaskan kaca dari embun

Gunakan spons yang telah dicelupkan ke dalam larutan air garam lalu keringkan. Kemudian gunakan untuk membersihkan kaca jendela atau kaca mobil untuk mencegah pengembunan selama cuaca dingin.

7.   Setrika

Setiap digunakan setrika besi mengangkat sedikit demi sedikit kotoran yang akan menempel ketika digunakan untuk menggosok pakaian. Untuk menghilangkannya taburkan garam ke atas selembar kertas lalu di setrika di atasnya. Gunakan sedikit uap panas untuk membersihkan pancaran air sesudah melakukan hal ini dan juga membersihkan alas setrika dengan sehelai kain lembab ketika sudah tidak panas.

8.   Papan potong berbau tidak sedap

Papan potong yang berbau tidak sedap menandakan adanya bakteri. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mengusapkan garam pada area papan potong anda yang beraroma tidak sedap, biarkan sebentar lalu bilas. (BbS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar