Kamis, 01 Desember 2011

Kebiasaan Sederhana yang Dapat Menjadi Buruk

Sehari-hari banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengisi kegiatan. Kadang sampai sibuk sampai melupakan waktu. Kadang juga hanya melakukan hal-hal yang biasa saja. Tapi ada juga saat kita melakukan aktivitas tersebut, tanpa disadari malah membuat sesuatu yang berbahaya, apa sajakah itu? Berikut penjelasannya:

1. Mencukur bulu ketiak

Wanita yang sering mencukur bulu ketiaknya bisa jadi mendapat 10 kali lebih rentan terkena
kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang membiarkan bulu ketiaknya tumbuh apa adanya.

2. Tidur dengan bantal dan kasur

Setiap 10 tahun kasur akan terasa 2 kali lebih berat dari berat awal, hal ini disebabkan karena banyaknya debu yang telah menempel di kasur dan bantal. Debu-debu ini akan terhirup saat kita tertidur yang dapat berpengaruh bagi Anda yang alergi dan terkena asma. Lebih baik tidur dengan menggunakan penutup bantal dan kasur yang tebal atau berlapis. Selain itu usahakan untuk mencuci seprai setiap satu minggu sekali dengan air panas antara 55-65 derajat celcius.

3. Minum sambil berdiri

Air yang diminum sambil berdiri akan langsung menuju ke kandung kemih sehingga mengakibatkan pengendapan di saluran ureter karena tanpa disaring terlebih dahulu. Hal ini dapat menyebabkan penyakit kristal ginjal, salah satu penyakit yang berbahaya. Air tersebut tidak akan tertampung di dalam lambung yang nantinya akan dipompa oleh jantung untuk disalurkan ke seluruh organ tubuh. Seperti kita ketahui bahwa tubuh kita terdiri dari 80 %  zat cair.

4. Makan sambil berdiri

Selain minum, makan sambil berdiri juga tidak baik. Hal ini akan membahayakan dinding usus dan memungkinkan terjadinya luka pada lambung. Hal yang lebih buruk dapat terjadi yaitu menyebabkan terjadinya kanker saluran esofagus. Penyebabnya adalah saat makan sambil berdiri asam lambung akan naik ke saluran esofagus sehingga membuat sel- sel kerongkongan iritasi yang disebabkan pH asam lambung yang terlalu asam dan kadang ditandai dengan gejala panas terbakar yang menyesak di dada.

5.  Penggunaan spon

Saat mencuci piring, gelas atau bahkan mengelap meja seringkali kita hanya menggunakan spon yang hanya satu itu saja tapi digunakan berkali-kali. Tahukah anda bahwa anda tanpa sengaja telah menyebarkan kuman-kuman penyakit di sekeliling rumah. Solusinya adalah dengan mencelupkan spon ke dalam larutan pemutih dan air sebelum digunakan untuk mengelap meja atau apapun. Selain itu taruhlah spon di tempat yang dapat menyaring air, jangan meletakkan dalam wadah berisi air dan biarkan mengering. Untuk membunuh bakteri dapat dilakukan dengan cara memasukkan spon ke dalam wadah tahan panas berisi air lalu panaskan dengan microwave selama semenit.

6. Penggunaan lipstik

Hati-hati bagi anda yang suka menggunakan lipstik, lipstik yang bermerk pun ternyata sangat berbahaya karena terdapat suatu bahan logam yang berguna untuk menjaga agar lipstik tahan pengoksidaan udara atau tahan air. Untuk mengetahui lipstik anda mengandung bahan logam atau tidak dapat dilakukan dengan test kecil :
- goreskan lipstik beberapa kali ke tangan
- gunakan cincin emas minimal 18 karat lalu sapukan ke goresan lipstik tersebut
- kalau waran lipstik berganti menjadi kehitam-hitaman atau kusam berarti lipstik anda mengandung bahan logam yang sudah overdosis.

7. Minum es setelah makan

Air es dapat membekukan makanan berminyak yang baru kita makan sehingga akan melambatkan proses pencernaan yang ada di dalam tubuh kita.  Apabila lemak ini terbentuk di dalam usus, maka akan menyempitkan banyak saluran dan lama-lama akan menyebabkan lemak berkumpul di dalam tubuh yang menyebabkan gemuk sehingga akan timbul berbagai macam penyakit.

sumber : poenyaabi.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar