Senin, 21 November 2011

Enaknya Bisa Membuat Saus Sendiri

Biasanya kita tidak mau susah-susah membuat pelengkap makanan yang satu ini. Kita hanya tinggal membeli di pasar atau supermarket sudah tersedia beraneka macam saus yang diinginkaan. Tapi tahukah Anda? terlalu banyak memakan saus yang biasa dibeli itu tidak baik untuk kesehatan. Hal ini disebabkan karena kandungan pengawet yang dimasukkan ke dalam saus, selain itu kita tidak tahu seberapa banyak zat kimia yang menjadi campuran dalam pembuatan saus tersebut. Lalu bagaimana solusinya?
Ya..... membuat saus sendiri, itulah cara yang paling efektif. Seberapa banyak saus yang dimakan tidak perlu khawatir akan bahan kimia karena kita membuatnya sendiri jadi tahu bahan apa sajakah yang digunakan. Eh tapi jangan terlalu banyak makannya ya!

1. Saus tomat

Bahan :
- 1 mangkuk sari tomat
- 4 sdm mentega atau margarine
- 4 sdm tepung terigu
- 1/2 mangkuk air panas

Bumbu :
- 4 buah bawang merah
- garam secukupnya dapat pula ditambah vitsin

Cara membuat :
Bawang merah diiris halus lalu ditumis dengan mentega atau margarine sampai harum. Tambahkan tepung terigu yang telah diaduk dengan air panas. Aduk terus sampai mendidih kemudian masukkan sari tomat, garam dan vitsin. Sering-seringlah diaduk dan biarkan sampai kental.

2. Saus mayones

Bahan :
- 1 butir telur
- 1 mangkuk mentega atau margarine
- 2 sdm sari jeruk nipis

Cara membuat :
Telur direbus, diambil kuningnya,  dikocok bersama 1 sdm sari jeruk nipis dan ditambah sedikit demi sedikit mentega atau margarine yang sudah dicairkan. Bila mentega sudah habis tuangkan lagi sisa dari jeruk nipis (1 sdm) sampai asam rasanya. Jika saus mayones ini kurang kental, bisa ditambah kuning telur rebus yang sudah dihancurkan, sampai kental.

3. Saus kecap

Bahan :
- 2 sdm kecap manis
- 2 sdm kecap asin
- 1 sdm mentega

 Bumbu :
- 2 buah bawang merah
- 3 buah tomat
- Garam, pala dan vitsin (jika suka)

Cara membuat :
Bawang merah dirajang halus lalu ditumis dengan mentega. Tomat diiris halus lalu dimasukkan kembali, biarkan sampai keluar airnya barulah masukkan kecap asin dan kecap manis. Kalau sudah kental masukkan garam, pala dan sedikit vitsin. Dapat juga ditambah air kira-kira 3 sdm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar