Senin, 07 November 2011

Aneka Olahan Tahu

Tahu, siapa yang tidak mengenal bahan makanan yang satu ini, semua orang pasti mengetahuinya. Pembuatannya yang berasal dari kedelai kemudian diambil sari patinya. Tahu banyak sekali digunakan untuk berbagai macam makanan di Indonesia. Di bawah ini adalah dua diantara banyaknya aneka olahan dari tahu.


1. Tahu Asam Manis


Bahan :
- 4 potong tahu besar.
- 3/4 botol minyak goreng.
- 2 mangkok tepung maizena.
- 1/2 mangkok air.
- 1 mangkok gula.
- 4 sendok makan tepung maizena (untuk saos)
- 4 sendok makan kecap asin.

Bumbu :
- 2 sendok makan sari jeruk asam.
- 6 buah bawang merahh.
- 3 iris jahe.

Cara membuat :
Buatlah adonan dengan agak kental (1/2 mangkok tepung maizena + mangkok air) lalu potonglah tahu menyerong lalu masukkan ke dalam adonan dan digoreng di dalam minyak goreng yang panas sampai  merah.
Untuk saos : Bawang merah dan jahe diiris-iris atau dirajang halus lalu ditumis dengan 3 sendok makan minyak goreng berikut gula, tepung maizena, air, kecap asin dan sari jeruk. Campurlah menjadi satu dan diaduk terus sampai mendidih. Sajikan tahu yang telah digoreng tadi beserta saosnya.


2. Tahu isi


Bahan:
- 5 potong tahu
- 1 butir telur ayam
- 5 batang buncis
- 2 buah wortel
- 1/2 mangkok su'un
- 2 batang daun bawang merah
- minyak goreng atau mentega untuk menggoreng

Bumbu :
- 3 buah bawang merah
- 1 siung bawang putih
- Garam secukupnya

Cara membuat :
Tahu dipotong segitiga. Wortel dan buncis dirajang kecil-kecil persegi. Dengan hati-hati lubangi tahu pada bagian tengahnya menggunakan sendok kecil, tinggalkan kulitnya kurang lebih 1/2 cm. Bawang merah dan bawang putih ditumis sampai harum kemudian masukkan irisan wortel, buncis dan su'un yang sudah dicuci tambahkan sedikit air dan garam. Tunggu sampai layu lalu angkat dan biarkan sampai dingin. Kocoklah telur dan campurkan hasil kerokan tahu (isi tahu) tadi. Campurkan dengan sayuran yang telah ditumis dan isikan pada tahu (kulit tahu) yang telah dilubangi. Boleh dikukus dahulu sebelum digoreng. Supaya tidak pecah boleh diberi campuran tepung kanji di sebelah atasnya. Lalu goreng sampai kekuningan. Angkat. Sajikan dengan lalapan cabai rawit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar