Rabu, 19 Oktober 2011

Tidur Itu Penting Untuk kesehatan Tubuh

Tidur merupakan kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh setiap orang. Untuk dapat berfungsi secara benar maka setiap orang harus tidur yang cukup, kurang lebih 8 jam perhari. Ini berguna untuk pemulihan tubuh dan pikiran karena aktifitas sehari-hari. Jadi  pengertian tidur adalah suatu keadaan dimana seseorang dalam keadaan tidak sadar tapi dapat dibangunkan kembali dengan indera atau rangsangan yang cukup (Guyton: 1981).
Saat tidur, orang memiliki posisi yang berbeda-beda, baik itu tengkurap, miring maupun telentang. Namun beberapa orang beranggapan bahwa posisi tidur telentang itu yang terbaik, tapi ternyata itu tidak sepenuhnya benar. Tapi sebelum Anda tidur sebaiknya melakukan beberapa hal dibawah ini:


1.  Setelah Anda bepergian, sebaiknya mandi terlebih dahulu agar badan menjadi bersih sehingga memberikan kesegaran pada pori-pori kulit yang memberikan efek baik terhadap sirkulasi darah dan otot tubuh.

2. Pakailah pakaian yang longgar dan berbahan lembut.

3. Pakailah kasur yang empuk dan bantal dengan posisi bantal di kepala Anda tidak terlalu rendah atau tinggi terhadap posisi tubuh.

Setelah anda memiliki persiapan seperti tersebut diatas, dalam tidur berikut beberapa posisi tidur yang menguntungkan serta pengaruhnya bagi kesehatan:

1. Sempurna, dalam posisi tidur ini tubuh dapat menjadi rileks. Tapi usahakan untuk tidak melengkung karena dapat mengganggu sirkulasi jantung dan darah.

2. Tengkurap, posisi ini harus segera diubah karena merupakan posisi tidur yang paling buruk. Posisi ini menekan lengkungan tulang punggung yang menyebabkan otot tetap tegang selama tidur.

3. Telentang, posisi ini dapat membuat kencang otot pipi apabila dilakukan secara rutin.

4. Miring, posisi yang paling baik dilakukan adalah miring ke kanan karena tidak akan menekan aliran darah ke jantung.

5. Supaya tidak menderita sakit pinggang, usahakn agar seluruh kepala dan leher tertopang dengan baik. Misalnya dengan menaruh bantal kecil atau handuk yang digulung di belakang leher tapi jangan terlalu tinggi.

6. Tidur dengan wajah menantang lampu, ini tidak baik untuk dilakukan karena dapat menyebabkan wajah Anda menjadi mengkerut saat tertidur pulas.

7. Meniru posisi janin di dalam rahim (sedikit memeluk lutut yang ditekuk mendekati perut), posisi  tidur ini merupakan posisi yang nyaman.

sumber :
- http://puskesmas-oke.blogspot.com/2008/12/konsep-dasar-istirahat-dan-tidur.html
- http://turuyuk.wordpress.com/2009/03/17/posisi-tidur-yang-baik/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar