Sabtu, 15 Oktober 2011

Sehat Dengan Berjalan Kaki


Berjalan kaki, ya itu sudah bisa kita lakukan sejak usia 1 tahun. Kadang kita berjalan cepat, santai maupun lambat, itulah cara berjalan yang biasa dilakukan banyak orang. Bagaimana dengan anda? Apakah Anda suka berjalan kaki?
Tapi tahukah Anda cara berjalan yang Anda jalani itu sudah benar atau salah. Berhati-hatilah karena cara berjalan yang salah bisa mengakibatkan masalah pada tulang atau nyeri di tubuh. Tapi apabila kita berjalan dengan benar dapat menjadikan tubuh menjadi sehat.
Itu dilakukan hanya dengan berjalan saja. Lalu bagaimanakah cara berjalan yang baik dan sehat itu, berikut beberapa hal yang dapat Anda terapkan:

1. Berjalanlah dengan badan tegak seperti menarik tulang belakang ke atas. Jangan berjalan condong ke depan seperti menghadapi angin, jika ini yang Anda lakukan maka bisa menyebabkan punggung bungkuk.

2. Saat berjalan usahakan mata fokus ke arah depan, bukan ke atas atau menunduk yang dapat menyebabkan bahu membungkuk.

3. Jangan biarkan tangan Anda kaku atau masuk ke dalam saku, biarkan tangan Anda bebas bergerak sehingga jari-jari santai. Dengan begitu otot tidak terasa tegang saat berjalan.

4. Saat berjalan, tahan otot perut seperti saat berolahraga agat bisa berjalan dengan tegak.

5. Bergeraklah dengan lembut, natural dan posisi dada harus sedikit terangkat sehingga dapat bernafas seirama dengan langkah.

6. Dari tumit sampai ujung jari kaki bergerak mengayun sempurna dengan begitu maka dapat menjaga bahu berjalan lebih cepat dapat membakar banyak kalori.

 Dengan berjalan seperti diatas dapat membuat tubuh menjadi sehat, menurunkan resiko cedera, meningkatkan kenyaman, menggunakan energi yang lebih baik, meningkatkan kalori yang terbakar dan membentuk tubuh.

sumber :
-  http://health.detik.com/read/2012/03/16/082900/1868827/766/trik-berjalan-yang-menyehatkan?l1101755hl
- http://www.jelajah.up2det.com/2012/01/ketahui-cara-jalan-yang-benar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar