Senin, 05 Desember 2011

Mengenal Sebutir Telur



Telur, ini adalah salah satu bahan makanan yang dapat memenuhi gizi yang diperlukan tubuh. Seringkali setiap pagi karena malas memasak hanya membuat sarapan dengan telur ceplok saja. Selain itu banyak juga digunakan untuk membantu proses pembuatan makanan lainnya seperti roti, mie dan lain sebagainya. Memiliki rasa yang enak serta mudah dikonsumsi oleh semua golongan. Beberapa fakta menarik tentang telur adalah :


1. Telur memiliki kandungan protein 100 % dibandingkan dengan daging ayam dan susu.

2. Kulit telur terbuat dari kalsium karbonat yang juga merupakan bahan dasar utama beberapa jenis antacids. Sekitar 9-12 % berat telur terdiri dari kulitnya. Kulit  telur memiliki pori-pori sehingga oksigen bisa masuk dan karbon dioksida serta hawa lembab keluar.

3. Putih telur terbuat dari kalsium karbonat yang disebut albumen. Selain itu juga ada niasin (Vitamin B3), riboflavin (Vitamin B2), klorin, magnesium, potasium, sodium dan sulfur. Di dalam putih telur mengandung 57% dari protein telur.

4. Warna kuning telur ditentukan oleh makanan ayam betina. Makin banyak padi-padian yang memiliki pigmen kuning dan oranye yang dimakan si ayam betina makin kentallah warna kuning telurnya.

5. Warna telur juga bervariasi sesuai usia dan faktor lainnya. Apabila warna putih telur agak keruh, itu menandakan bahwa telur itu segar. Sedangkan warna putih telur yang jernih menandakan bahwa telur itu berasal dari ayam yang sudah tua. Sebaiknya menghindari telur yang berwarna putih agak merah muda atau berubah warna lain.

6. Kadang ada sedikit darah di dalam telur. Penyebabnya adalah pembuluh darah yang berada di kuning telur pecah. Namun telur ini masih aman untuk di konsumsi.

7. Ketika telur menetas, suhu telur sekitar 40,5 derajat celcius. Semakin dingin, cairan di dalamnya akan mengendap dan akan terbentuk sel udara di antara dua lapisan telur.

8. Seekor ayam betina mampu bertelur sekitar 250 - 270 telur tiap tahun.

9. Sebagian besar warga Amerika lebih menyukai telur ayam yang berwarna putih sedangkan di Indonesia kebanyakan telur ayam berwarna coklat.

10. Dibandingkan dengan telur ayan, telur itik memiliki bau yang lebih amis dan kulitnya memiliki pori yang lebih besar sehingga lebih cocok dijadikan telur asin.


sumber : http://wahw33d.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar