Sabtu, 15 Desember 2012

Membuat Sikat Gigi Tetap Bersih dan Steril


Ahli kesehatan menganjurkan kita untuk menggosok gigi setidaknya 2 kali dalam sehari. Namun satu hal yang sering membuat kita lupa yaitu mengenai kebersihan sikat gigi dan
membuatnya tetap steril. Berikut adalah cara untuk membuat sikat gigi tetap bersih dan steril.

  1. Merendam dalam air mendidih

Didihkan air dalam kompor kemudian masukkan sikat gigi ke dalamnya selama beberapa menit. Tapi pastikan bahwa sikat gigi terbuat dari bahan plastik berkualitas. Sebab jika tidak, sikat gigi anda akan menjadi rusak (leleh) setelah direndam dalam air panas.

  1. Obat kumur anti bakteri

Obat kumur tidak hanya digunakan untuk membersihkan mulut, tapi juga dapat digunakan untuk mensterilkan sikat gigi. Celupkan bulu sikat ke dalam obat kumur selama 30 detik untuk mendapatkan efek anti bakteri.

  1. Sinar UV

Meskipun hal ini membutuhkan biaya, membersihkan sikat gigi dengan sinar UV dinilai aman dan mudah. Setelah disterilkan dengan sinar UV, kuman yang mati bisa mencapai 99 %. Saat ini telah terdapat berbagai alat sinar UV portable dengan harga terjangkau dan mudah dibawa.

  1. Pembersih antiseptik

Pembersih antiseptik memiliki prinsip kerja mirip dengan obat kumur. Jangan langsung mencelupkannya, sikat gigi hanya perlu disemprot dengan larutan antiseptik.
Sumber : oketips.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar