Sabtu, 15 Desember 2012

Agar Flu Cepat Sembuh


Di musim hujan ini mungkin banyak diantara kalian yang terkena flu karena cuaca yang dingin. Meskipun kebanyakan flu tidak mengancam jiwa tapi dapat membuat
aktifitas sehari-hari menjadi terganggu. Di bawah ini adalah cara untuk mengatasi flu agar cepat sembuh.

  1. Istirahat

Beristirahatlah dan tidur di lingkungan yang tenang dan nyaman untuk menghilangkan virus flu secepat mungkin. Jika anda terus memaksakan diri untuk melakukan aktifitas, tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih. Selain itu ada kemuungkinan gejalanya kembali dengan cepat karena anda belum pulih dari flu.

  1. Cukup minum

Seringkali nafsu makan berkurang ketika terkena flu karena ada rasa mual atau pahit di lidah. Anda mungkin tidak banyak makan tapi usahakan untuk memperbanyak minum air. Hidrasi yang cukup akan membantu daya tahan tubuh anda melawan virus. Cobalah untuk tidak meminum kopi karena kafein berefek diuretik sehingga dapat membuat anda menjadi kekurangan cairan.

  1. Minum obat

Sebenarnya tidak ada obat untuk flu karena penyakit itu disebabkab oleh virus. Tubuh anda sendirilah yang harus mengatasinya. Namun, obat-obatan yang tersedia secar bebas maupun resep dapat membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan seperti demam, hidung tersumbat dan sakir kepala.

  1. Mandi air hangat

Mandi air hangat mungkin tidak secara langsung menyembuhkan flu, tapi jelas membuat anda merasa lebih nyaman. Ketika mandi air hangat, buanglah seluruh lendir dari hidung dan biarkan uap air membuat hidung terasa lega.

  1. Kunjungi dokter

Jika demam terlalu tinggi (diatas 40 derajat celcius), dalam waktu 1 minggu belum sembuh atau tambah parah, pasien berusia lanjut atau anak-anak, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Setelah sembuh dari flu, untuk meningkatkan ketahanan tubuh, biasakanlah agar selalu cukup minum (1,5 sampai 2 liter sehari). Makan makanan yang seimbang, berolahraga teratur dan istirahat cukup. (bBs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar