Kamis, 14 Juni 2012

Hal yang Perlu Diketahui Dari Makan Coklat


Cokelat memang  salah satu cemilan favorit bagi kaum perempuan pada khususnya. Dengan rasanya yang manis dan enak membuat seseorang ketagihan memakannya.
Namun jangan terlalu banyak mengkonsumsi cokelat sebaiknya dibatasi. Berikut beberapa hal menarik yang perlu diketahui dari makan cokelat.

1.      Menambah energi saat olahraga

Coklat ternyata dapat menambah energi bagi anda yang suka berolahraga. Anda tidak perlu mengkonsumsi protein shakes atau sport drink untuk meningkatkan energi saat berolahraga. Berdasarkan jurnal Applied Physiology, Nutrition and Metabolism, membandingkan efek sort drink dengan susu cukelat pada  daya tahan atlet untuk memulihkan diri usai serangkaian sesi bike sprints, diikuti dengan latihan sepeda untuk daya tahan pada hari berikutnya. Ternyata susu cokelat mampu meredakan nyeri otot setelah sesi sprints sama efektifnya dengan sport drinks dan memberikan tambahan energi bagi atlet untuk melakukan sesi daya tahan berikutnya.

2.      Tidak buruk untuk gigi

Banyak orang menganggap bahwa dengan makan cokelat dapat membuat gigi berlubang. Tapi kenyataannya malah sebaliknya, berdasarkan penelitian di Tulane University,  theobromine, molekul organik yang terdapat pada kakao, ternyata dapat membantu menguatkan enamel gigi. Namun theobromine tidak terlalu bermanfaat dalam chocolate bair, karena kandungan gula dan susunya akan menetralkan manfaatnya untuk gigi.

3.      Tidak digunakan untuk penahan kantuk

Menurut Kostyk, kafein yang terdapat di dalam cokelat itu sangat kecil. Kandungan kafein dalam cokelat murni (dark chocolate) sebanyak 28 gr mengandung 20 mg kafein, sedangkan 28 gr cokelat susu mengandung sekitar 5 mg kafein. Jumlah ini sana dengan 226 ml kopi decaf (tanpa kafein). Bandingkan dengan secangkir kopi yang mengandung sekitar 100 mg kafein, dan secangkir teh yang mengandung kafein 50 mg.

4.      Menstruasi tidak menyebabkan ngidam cokelat

Menurut peneliti dari University of Pensylvania, setelah membandingkan masa pra dan pasca menstruasi terlihat bahwa hormon-hormon menstrual bukanlah penyebab anda ingin makan cokelat banyak. Peneliti menemukan bahwa perempuan yang mengalami PMS (premenstrual syndrome) mengalami kecenderungan ngidam lebih tinggi. Hal ini ada kaitannya dengan psikologi di balik comfort foods.

5.      Mengandung flavonoid

Flavonoid merupakan sejenis fitokemikal yang terdapat di dalam cokelat murni. Menurut Giana Angelo, PhD di Linus Pauling Institute, Oregon State University, karena struktur kimia yang unik, flavonoid dapat mendorong efek anrioksidan, antiperadangan dan pelindung sel. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Namun apabila tidak mendapatkan manfaat tersebut dapat menggantinya dengan mengkonsumsi cokelat murni. Rata-rata cokelat murni mengandung sekitar 60 % kakao dan mengandung 536 mg flavonoid per 40 gr porsi. Dengan mengkonsumsi 80 mg flavonoid sehari dapat menurunkan tekanan darah.

Sumber : womenHealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar