Kamis, 14 Juni 2012

Cara Mengurangi Minyak Pada Rambut



Rambut berminyak memang salah satu masalah yang sering dialami, sehingga berbagai macam cara dilakukan untuk mengurangi minyak di rambut. Bisa juga dilakukan dengan
melakukan perawatan rambut khusus yang hanya ditemukan di salon. Tapi bagi anda yang memiliki penghasilan pas-pasan tidak mungkin setiap hari bisa melakukannya. Ada juga yang mengatasinya dengan berkeramas setiap hari.

Berdasarkan pendapat James Corbett Studio di New York, rambut berminyak terjadi karena produksi sebum yang berlebih di kulit kepala.Sebum merupakan kondisioner alami untuk rambut yang memberikan elastisitas serta membuat rambut kuat dan berkilau. Bagi anda yang memiliki kulit rambut berminyak, ini pertanda bahwa tubuh memproduksi sebum terlalu banyak. Sebum keluar dan muncul di kulit kepala melalui pori-pori tempat tumbuhnya rambut.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut berminyak.

-          Bedak

Gunakan bedak tabur atau bayi, lalu taburkan di kulit kepala kemudian sisirlah rambut. Cara ini memang hanya bertahan sementara namun sangat berguna apabila anda memerlukan cara instan.

-          Shampo dan kondisioner
Saat keramas pakailah sampo dan kondisioner khusus rambut berminyak. Saat mencuci rambut gunakan sampo pada bagian kulit kepala saja, dan kondisioner digunakan pada bagian ujung rambut dengan takaran 1 sdt agar tidak menambah penumpukan minyak di kepala. Pastikan saat menggunakan shampo dan kondisioner rambut di bilas sampai bersih.

-          Stres

Ternyata stres juga bisa menjadi penyebab dari rambut berminyak. Stres dapat memacu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak dari biasanya. Lakukan olahraga secara teratur untuk membantu menurunkan tingkat stres.

-          Asupan suplemen

Tumbuhan herbal seperti rosemary, eucalyptus dan sage dapat digunakan untuk mengurangi produksi sebum dan membantu menambah volume rambut.

-          Kandungan sulfat

Zat ini mampu memberikan kesan bersih lebih baik, namun sekarang tidak banyak digunakan pada produk kecantikan dan makanan. Beberapa shampo masih menggunakan kandungan ini dan membersihkan rambut tanpa mengurangi kelembapan.

-          Baking soda

Dengan menambahkan baking soda pada shampo sebelum keramas setiap 2-4 minggu sekali bisa membantu mengurangi produksi minyak pada kulit kepala yang menumpuk.

-          Bir

Minuman beralkohol ini ternyata pada jaman dahulu kala digunakan untuk membersihkan rambu. Bir banyak digunakan untuk membersihkan rambut di daerah Eropa pada tahun 50-60an, namun seiring waktu berjalan dan semakin berkembangnya industri kosmetik, penggunaannya semakin berkurang. Bir dapat membersihkan rambut dan membuatnya lebih bervolume. Setelah keramas, bilas rambut dengan bir, biarkan selama 5 menit lalu bilas dengan air biasa. Air perasan lemon juga bisa memberikan dampak yang sama.

Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar