Kamis, 14 Juni 2012

Pilihan Makanan Sehat Untuk Mata


Kesehatan mata memang perlu diperhatikan. Dimulai dari merawat kesehatan mata sampai makanan yang dimakan pun juga akan mempengaruhi kesehatan mata. Apabila
mata terawat dengan baik dan benar maka aktifitas kita tidak akan terganggu. Beberapa makanan di bawah ini bisa anda terapkan setiap hari.

1.      Wortel

Sayuran yang satu ini memang terkenal mampu memberikan nutrisi bagi mata. Beta karoten yang terkandung di dalamnya akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berguna untuk mata. Selain itu, wortel juga dapat membantu tubuh melepaskan radikal bebas.

2.      Tomat

Buahnya yang berwarna merah dan mengandung vitamin C serta lycopene, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata.

3.      Bayam

Bayam yang banyak mengandung vitamin A juga baik  untuk kesehatan mata karena mengandung nutrisi seperti lutein dan zeaxathin.

4.      Brokoli

Ada juga beberapa orang yang tidak menyukai jenis sayuran ini. Namun siap sangka ternyata sayuran ini banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh mata, seperti vitamin C, kalsium, lutein, zeaxathin dan sulforaphane.

5.      Kol

Kol memang baik untuk mata, tapi bagi anda yang menderita penyakit maag tidak dianjurkan untuk memakannya karena kol memiliki kandungan gas yang tinggi.

6.      Bawang putih

Di dalam bawang putih terdapat selenium, vitamin C dan quercetin. Bawang putih memang memiliki aroma yang tajam, namun juga memiliki banyak manfaat seperti mencegah stroke.

7.      Telur

Selain memberikan asupan protein bagi tubuh, telur juga baik untuk menutrisi mata. Di dalam telur mengandung vitamin A, seng, lutein, lechitin, B12, vitamin D dan cysteine.

8.      Salmon

Salmon yang mengandung Omega 3 juga baik untuk kesehatan mata . Selain itu juga mengandung asam folik, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin A.

Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar