Jumat, 23 Maret 2012

Mengetahui Ciri Daging Membusuk

Daging merupakan salah satu bahan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh kita. Kita dapat menemui penjual daging di pasar maupun supermarket. Banyaknya penjual daging, mengharuskan kita untuk selektif dalam memilih daging segar maupun yang sudah mulai membusuk. Terkadang kita memang sulit untuk membedakannya karena bentuk dan warna daging yang sama.

Di dalam daging yang busuk mengandung bakteri patogen yang hidup pada daging sapi yang terkontaminasi dengan udara di sekitar. Apabila di makan maka akan menyebabkan keracunan makanan yang dapat membahayakan jiwa. Gejala yang sering dialami oleh orang yang keracunan yaitu diare dan muntah-muntah.

Oleh karena itu sebelum membeli periksalah dengan teliti daging yang ingin anda beli. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengetahui daging yang telah busuk.

- Tanggal kadaluarsa

Jika anda suka membeli daging di supermarket periksalah tanggal produksi serta tanggal kadaluarsa pada kemasan. Jika kondisi daging sudah tidak dapat dipakai, jangan anda membelinya walapun harga yang ditawarkan murah.

- Warna daging

Sebelum kadaluarsa daging dapat juga kadaluarsa. Oleh karena itu kita dapat mengetahuinya dari warna daging. Daging sapi sedikit susah didentifikasi tapi kebanyakan orang mengganggap daging yang berwarna merah terang adalah daging sapi segar. Tapi ini tidak sepenuhnya benar karena daging yang berwarna merah terang penyebabnya adalah daging telah terpapar udara. Jika disimpan dalam kemasan kedap udara daging akan berwarna merah keunguan. Sedang untuk unggas berwarna putih kebiruan hingga kekuningan.

- Bau daging

Ini adalah cara termudah untuk mengetahui daging yang sudah busuk dan segar. Jika baunya tengik dan tidak menyenangkan maka  daging sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Warna daging yang baik tapi memiliki bau yang tidak sedap menunjukkan bahwa daging mulai membusuk.

- Tekstur daging

Daginging yang memiliki tekstur licin menandakan bahwa bakteri telah berkembangbiak pada permukaanya. Ini menandakan daging telah busuk. Apabila dipermukaan daging terdapat warna hitam atau hijau berarti sudah tumbuh jamur pada daging tersebut.

sumber : oketips.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar