Senin, 26 Maret 2012

Akibat Minum Air Berlebihan


Tubuh manusia memang 80 % terdiri dari air. Dengan berbagai macam aktifitas yang dilakukan setiap hari kadang membuat tubuh menjadi kekurangan air atau dehidrasi. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk minum air putih 2 liter perhari. Namun orang yang minum air putih secara berlebihan perhari itu tidaklah baik untuk kesehatan.

Kadar garam yang terdapat di dalam tubuh orang yang minum air secara berlebihan akan berkurang. Hal ini dapat menyebabkan tubuh
kekurangan natrium. Apabila tubuh kekurangan natrium maka akan cepat mengantuk dan lelah bahkan bisa terjadi kejang tubuh.

Bagi orang dewasa yang sehat memang dianjurkan untuk minum air 2 liter perhari. Tapi, untuk penderita gagal ginjal, jumlah konsumsi air haruslah dikurangi agar kandungan air yang ada di dalam tubuh tidak berlebihan. Sedangkan untuk orang yang berusia lebih dari 65 tahun, sebaiknya minum air tidak lebih dari 1,5 liter perhari.

Maksud dari minum 2 liter perhari itu tidaklah hanya minum air saja. Tetapi juga dari makanan seperti sup, air pada buah, susu, ataupun makanan yang dikonsumsi yang mengandung air lainnya. Minum air itu haruslah secukupnya saja, tidak boleh kurang maupun berlebihan.

sumber : http://kesehatan.liputan6.com/read/380777/jangan-berlebihan-mengkonsumsi-air

Tidak ada komentar:

Posting Komentar