Senin, 26 Maret 2012

Kulit Jeruk Ternyata Bisa Dimanfaatkan

 
Buah jeruk memang manis rasanya, dapat juga sebagai pengganti air minum karena dapat menghilangkan haus. Saat memakan buah jeruk, janganlah buru-buru membuang kulitnya ke tempat sampah. Karena kulit jeruk masih dapat dimanfaatkan. Berikut beberapa manfaat dari kulit jeruk yaitu sebagai berikut :

1. Mabuk perjalanan


Apabila anda orang yang suka mabuk perjalanan saat bepergian jauh, ada baiknya membeli buah jeruk dan menggunakan kulitnya untuk di dekatkan ke hidung dan hiruplah aromanya. Dengan menghirup aroma jeruk di kulitnya dapat mencegah mabuk perjalanan.

2. Batuk

Taruhlah 5 gr kulit jeruk kering ke dalam 2 gelas air dan rebus selama 10 - 15 menit. Lalu tambahkan jahe dan gula merah. Minumlah selagi hangat.

3. Susah buang air besar

Rebuslah 12 gr kulit jeruk segar atau 6 gr kulit jeruk kering selama 10 - 15 menit. Lalu minum 2 kali sehari.

4. Sakit pada gigi geraham

Ambil sepotong kecil kulit jeruk segar lalu taruh di dalam mulut selama 10 menit sebelum tidur.

5. Gigi sensitif

Taruhlah kulit jeruk ke dalam gelas dan tambahkan air mendidih, tutup gelasnya  dan biarkan selama 5 - 10 menit lalu diiminum.

6. Bau mulut

Dengan mengunyah sepotong kecil kulit jeruk segar dapat menghilangkan bau mulut.

7. Alergi karena makan ikan dan kepiting

Rebus beberapa potong kulit jeruk segar dengan air lalu diminum.

8. Menghentikan muntah dan mengobati perut sakit

Rebus beberapa potong kulit jeruk dan ditambah jahe dengan air lalu diminum.

9. sesak napas

Ambil gelas yang berisi air mendidih kemudian masukkan kulit jeruk segar lalu tutup selama 10 menit. Sebelum diminum tambahkan gula.

10. Kedinginan

Ambil beberapa kulit jeruk dan rebus dengan jahe ke dalam air selama 15 - 20 menit, tambahkan gula merah kemudian diminum seperti minum teh.

11. Nafsu makan berkurang

Kulit jeruk dijemur. Apabila sudah kering, campurkan dengan daun teh. Saat nafsu makan berkurang gunakan campuran daun teh dengan kulit jeruk tadi untuk diminum. Cara membuatnya sama  seperti membuat teh. Ini dapat berguna untuk mengembalikan nafsu makan.

sumber : http://harrys76.blogspot.com/2012/03/manfaat-kulit-jeruk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar