Rabu, 28 Maret 2012

Mencegah Bau Mulut Dengan Makanan


Bau mulut seringkali mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Meskipun sudah menyikat gigi secara berkali-kali, bau mulut ini tetap saja masih menempel. Sehingga membuat kita menjadi tidak percaya diri. Berikut beberapa makanan ataupun bahan makanan yang dapat mencegah bau mulut.

1. Daun ketumbar

Untuk mengurangi bau mulut yang tidak sedap, kita dapat mengunyah daun ketumbar. Tanaman ini sangat baik untuk pencernaan.

2. Yogurt

Mengkonsumsi yogurt setiap hari dapat mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Yogurt mengandung organisme mikrokospis dan hidrogen sulfida yang dapat mengurangi bakteri di mulut, sehingga mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi. Yogurt dapat membuat bakteri tidak dapat tumbuh.

3. Sayur dan buah renyah

Apel, Seledri, Wortel dapat dikunyah langsung setelah makan. Jenis sayur dan buah ini diyakini dapat menambah produksi air liur sehingga menjadikan mulut tetap basah. Tapi tetap harus melakukan gosok gigi setelah makan untuk mengeluarkan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.

4. Permen

Permen tanpa kandungan gula tidak dapat menggantikan fungsi penting menggosok gigi sehabis makan. Fungsinya hanya menyegarkan nafas untuk sesaat karena cara bekerja bakteri adalah menambah produksi air liur untuk membersihkan bakteri dan penyakit. Permen dengan rasa mint juga dapat digunakan untuk perlindungan sementara.

5. Vitamin C

Makanlah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, melon dan lain-lain. Jika kitubuh kita penuh dengan vitamin C maka bakteri enggan tumbuh berkembang. Bagi yang melakukan diet, vitamin C sangat dibutuhkan untuk mencegah penyakit gusi dan radang gusi. Kedua penyakit itu menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Jangan mendapatkan vitamin C dari suplemen karena suplemen dapat menyebabkan perut menjadi mual sehingga akhirnya nafas yang dikeluarkan menjadi bau.


sumber : http://indonesiaindonesia.com/f/18091-5-jenis-makanan-pencegah-bau-nafas/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar