Minggu, 08 Januari 2012

Pengganti Air Putih



 Terlalu banyak aktifitas yang dijalani sehari-hari membuat tubuh kita menjadi kelelahan sehingga akan mengalami dehidrasi. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan meminum air putih. Tapi tidak semua orang menyukai air putih, mereka lebih memilih minuman manis atau berelektrolit yang dipercaya mampu mengembalikan ion tubuh  dan mencegah dehidrasi. Dibawah ini merupakan beberapa minuman yang dapat digunakan sebagai pengganti air putih.



- Jus
Salah satu buah yang baik digunakan yaitu buah-buahan citrus. Dengan meminum segelas jus lemon segar atau kemasan dapat memulihkan energi secara instan. Jus juga mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang dapat menyegarkan tubuh yang lelah.

- Air kelapa
Dalam air kelapa mengandung berbagai mineral seperti kalium, kalsium, natrium, belerang, fosfor dan klorida. Dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi dehidrasi dan sangat aman untuk dikonsumsi sepanjang hari.

- Sup
Sup merupakan makanan yang mengandung vitamin komplit, mineral dan pengganti energi. Di dalamnya terdapat sayuran yang memiliki nilai gizi tinggi dan dapat mengenyangkan perut. Cocok untuk dikonsumsi setiap hari karena merupakan cara tersehat untuk mengembalikan cairan dalam tubuh.

- Popsicles
Ini adalah air jus yang dibekukan. Berbentuk seperti es krim, yang memiliki kandungan air antara 60-65 %. Ketika lelah dan haus, boleh mengkonsumsi es krim karena dapat meningkatkan energi dan membantu menyingkirkan rasa lapar.

- Buttermilk
 Berasal dari susu sisa setelah lemak diangkat dari susu kental. Bagi penderita gangguan lambung dianjurkan untuk mengkonsumsi buttermilk karena mampu menetralkan asam yang dikeluarkan oleh lambung dan mendinginkan perut. Di dalam buttermilk mengandung kalsium, riboflavin dan vitamin.  Untuk mengontrol diare, dapat dilakukan dengan meminum buttermilk yang dipadu dengan sedikit garam dan dilakukan 3 kali sehari.


sumber : http://id.she.yahoo.om

Tidak ada komentar:

Posting Komentar