Senin, 23 Januari 2012

Bibir Sehat Bibir Kita


Memiliki bibir yang sehat merupakan idaman setiap perempuan. Apabila kulir bibir kering dan pecah-pecah, pasti terasa sakit apabila disentuh bahkan ada juga yang sampai berdarah. Makan dan minum menjadi tidak enak begitu juga dengan bicara, tertawa bahkan menguap.

Panas dalam, merupakan hal yang biasa mereka katakan. Dengan meminum minuman pendingin atau obat panas dalam, itulah hal yang dapat mereka lakukan. Sebenarnya bibir pecah merupakan
salah satu perlakuan yang tidak tepat terhadap bibir atau bila mengelupas secara bertahap lalu  berganti kulit baru, ini merupakan gejala alami biasa.

Warna, bentuk, dan kecenderungan kondisi bibir setiap orang sangat tergantung pada faktor keturunan. Namun dalam hal keadaan atau sifat kulit bibir, faktor keturunan tidak selalu berperan.

Cuaca inilah salah satu hal yang dapat mempengaruhi kondisi permukaan bibir. Orang yang tinggal di daerah rendah  memiliki bibir kering sehingga berwarna suram atau kusam karena rendahnya kelembaban. Kebiasaan merokok dapat mebuat bibir menjadi berwarna ungu kehitaman. Ini disebabkan oleh pengaruh suhu. Saat panas rokok mengenai bibir membuat sel darah merah jadi terpanggang dan mengalami kematian, ini yang memicu warna hitam pada lapisan luar bibir.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan bibir:
- Bersihkan bibir dengan pembersih bibir sebelum tidur. Ini untuk mensterilkan bibir dari bahan kimia lipstik yang tersisa.

- Hindari mengkonsumsi snack ringan seperti keripik asin atau kwaci yang berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan kulit bibir mengeriput atau teriritasi untuk sementara.

- Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari.

- Minumlah air putih 8 gelas sehari, kulit bibir ynag kering bisa jadi karena kekurangan caran tubuh.


sumber : dunia-wanita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar