Minggu, 22 Januari 2012

Kebiasaan Ini Dapat Merusak Rambut

Rambut merupakan mahkota wanita yang harus dijaga dan dirawat. Oleh karena itu seringkali perempuan menggunakan produk kimia untuk tetap menjaga keindahan mahkotanya. Perlu diketahui beberapa perawatan serta cara penataan rambut yang salah lama kelamaan akan memberikan hasil yang buruk. Berikut penjelasannya:


1. Mengikat rambut
Mengikat rambut memang akan membuat rambut rapi, tapi apabila sering dilakukan dapat membuat rambut serta kulir kepala tegang dan stres. Hal ini yang dapat menyebabkan sakit kepala dan rambut rontok. Sebaiknya jika ingin mengikat rambut usahakan tidak terlalu erat agar rambut bisa bernafas. 

2. Pemakaian hair dryer
 Mengeringkan rambut dengan hair dryer merupakan cara praktis dan cepat untuk mengeringkan rambut. setelah keramas. Tapi apabila sering digunakan rambut akan menjadi rapuh dan mudah patah karena terlalu panas. Cara aman untuk menggunakan hair dryer adalah dengan mengeringkan rambut dengan handuk terlebih dahulu supaya tidak basah menetes. Apabila rambut kelihatan lembab boleh menggunakan hair dryer tapi dengan suhu sedang dan jangan terlalu panas.

3. Merubah tekstur rambut
Rambut keriting atau lurus itu sama bagusnya asalkan ditata dengan tepat. Tidak perlu memaksakan diri untuk mengubah tekstur rambut dengan berbagai perawatan yang bisa merusak. Menggunakan alat pencatok setiap hari juga berakibat rambut rapuh dan rontok. Apabila anda tetap memutuskan untuk mengubah tekstur rambut, pastikan anda selalu menggunakan perawatan rambut secara berkala.

4. Sering mencuci rambut
Cara mudah untuk mengatasi rambut berminyak adalah dengan mencuci rambut dengan sampo setiap hari. Tapi sebenarnya minyak yang dihasilkan oleh rambut ini sangatlah dibutuhkan. Mencuci rambut terlalu sering dapat membuat kulit kepala terus memproduksi minyak untuk mengganti minyak yang hilang karena sampo.  Sebenarnya minyak alami ini dapat membuat rambut menjadi terlihat sehat bila sampai di ujung rambut. Cukup keramas 2-3 hari sekali untuk membiarkan minyak alami menjalankan fungsinya pada rambut.

5. Penggunaan sisir yang salah
Rambut bisa rusak hanya karena salah menggunakan sisir. Penggunaan sisir yang tidak tepat dapat membuat rambut sulit disisir dan rambut menjadi patah. Semakin panjang rambut pilih sisir yang semakin besar agar mudah saat merapikan rambut.


sumber : id.she.yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar