Senin, 27 Februari 2012

Menyimpan Roti Agar Tidak Berjamur



Roti merupakan salah satu bahan makanan yang terbuat dari tepung. Dalam pembuatannya menggunakan aditif yang berfungsi untuk mengawetkan roti. Hal ini dapat menjadikan roti bertahan lama dan memiliki rasa yang lebih baik. Apabila anda berencana untuk mengkonsumsi roti untuk beberapa hari dan tidak cepat berjamur, ada baiknya anda melakukan beberapa tips berikut ini :


1.  Menyimpan roti di tempat sejuk dan kering.

2. Membekukan roti di dalam freezer dengan membungkus roti dalam plastik terlebih dahulu.

3. Saat membeli roti, periksalah tanggal kadaluarsa pada kemasan sebelum anda membayarnya.

4. Saat membeli roti, periksa apakah roti mengandung pengawet seperti kalsium propionat yang dapat secara signifikan memperlambat pertumbuhan jamur.

5. Apabila membuat roti sendiri, usahakan membuatnya dalam jumlah yang secukupnya agar cepat habis dikonsumsi sebelum jamur sempat tumbuh.

Apabila roti terlihat berjamur janganlah anda konsumsi sebaiknya segera buang roti tersebut karena berpotensi menyebabkan masalah kesehatan. Jamur pada roti tidak hanya tidak sedap dipandang tapi juga mempengaruhi rasa serta keamanan roti untuk dikonsumsi. Meskipun jamur belum tumbuh rata, roti yang terlihat berjamur harus tetap dibuang karena bagian lain mungkin saja sudah terkontaminasi.


sumber : oketips.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar