Minggu, 19 Februari 2012

Apa Sebenarnya Diet Itu?

Diet biasanya dilakukan oleh perempuan yang ingin memiliki tubuh sempurna. Tapi jangan salah ternyata banyak juga laki-laki yang melakukan diet. Sehari hanya makan nasi sekali atau bahkan tidak makan sama sekali, ini namanya penyiksaan untuk tubuh kita. Sebelum melakukan diet sebaiknya kita mengetahui apa arti dari diet itu sendiri.

Apa pengertian diet?

- Memakan makanan sehari-hari dan yang seharusnya dimakan.
- Memakan makanan menurut aturan tertentu.
- Memakan makanan yang ditentukan macam dan jumlahnya untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh atau untuk kepentingan penyembuhan penyakit tertentu.

Fungsi-fungsi diet :

- Pertumbuhan
- Mengganti sel-sel yang rusak
- Memberi energi dan cadangan energi atau tenaga
- Mempertahankan kesehatan atau daya tahan tubuh
- Untuk penyembuhan penyakit

Diet dapat dilakukan dengan 4 cara yaitu :

- Diet padat atau biasa
Diberikan pada penderita yang tidak memerlukan makanan khusus, hanya bahan makanannya merangsang pencernaan atau bumbu yang keras.Menggunakan nasi yang tidak terlalu  keras.

- Diet lemak
Diberikan pada penderita sesudah operasi tertentu, infeksi dengan kenaikan suhu badan tidak terlalu tinggi. makanan mudah dicerna, tidak digoreng dan merangsang pencernaan. Misalnya dengan mengkonsumsi bubur beras.

- Diet saring
Bagi penderita infeksi saluran pencernaan, sukar menelan dan sesudah operasi tertentu. Menggunakan bahan makanan yang tidak berserat dan menimbulkan gas. Mengkonsumsi bubur yang telah disaring.

- Diet cair
Diet ini diberikan melalui infus. Penderita sebelum dan sesudah operasi tertentu dalam keadaan mual, muntah dengan kesadaran menurun dan suhu badan tinggi.


sumber : Fattah t. Boga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar