Selasa, 15 Oktober 2013

Ingin Bekas Luka Hilang Secara Alami?


Kulit tubuh  yang terdapat bekas lukanya seringkali dinilai mengganggu penampilan, terutama bagi perempuan. Apalagi bila bekas luka tersebut terdapat di area betis, paha, lengan atau wajah. Ini dapat menjadikan kepercayaan diri menjadi berkurang.
Menghilangkan bekas luka memang
tidaklah mudah. Bisa jadi karena salah  perawatan, bekas luka tersebut berubah menjadi keloid. Menghilangkan bekas luka dengan krim penghilang bekas luka harganya mahal. Berikut beberapa cara menghilangkan bekas luka dengan cara alami. Simak ya!

  1. Mentimun

Mentimun mengandung potasium yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu juga memiliki kandungan silika yang dapat  meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput. Tidak heran, banyak produk perawatan kulit yang menggunakan mentimun sebagai bahan penting sebagai perawatan kulit. Untuk menghilangkan bekas luka, cuci bersih mentimun lalu potong kecil-kecil, kemudian haluskan dengan diblender atau ditumbuk. Setelah halus, oleskan pada bekas luka dan biarkan sepanjang malam. Jika dilakukan secara rutin bekas luka dapat berangsur-angsur menghilang.

  1. Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit. Untuk menghilangkan bekas luka, oleskan air perasan lemon pada daerah bekas luka kemudian pijat selama 2 menit. Lakukan rutin setiap malam pada bekas luka yang telah mengering.

  1. Madu

Madu dapat merangsang regenerasi sel, mendinginkan, mengurangi nyeri dan menghilangkan bekas luka. Gunakan madu alami agar khasiatnya lebih terasa. Untuk menghilangkan luka secara alami, oleskan madu merata pada luka. Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan beberapa hari sekali dan rutin.

  1. Daun Pare

Tanaman yang terkenal dengan buahnya yang pahit ini, daunnya dapat kita gunakan untuk menghilangkan bekas luka. Caranya, cuci bersih segenggam daun pare yang masih segar, lalu remas-remas sampai halus. Tambahkan sedikit air hangat lalu peras. Campur air perasan tersebut dengan 2 sdm tepung beras hingga teksturnya seperti lotion. Aduk rata. Balurkan pada bekas luka, biarkan sampai kering dan bilas sampai bersih.

  1. Almon dan minyak zaitun

Pijat daerah bekas luka dua kali setiap hari dengan almon dan minyak zaitun selama beberapa menit. Cara ini dipercaya secara efektif untuk menghilangkan bekas luka secara bertahap.

  1. Tomat

Tomat mengandung banyak vitamin yang dapat mengangkat sel kulit mati dan efektif membantu mengurangi bekas luka secara alami. Caranya, ambil sebuah tomat lalu hancurkan tomat. Setelah hancur gunakan tomat sebagai lulur pada daerah bekas luka. Gunakan satu kali setiap hari secara teratur.

  1. Lidah Buaya

Selain melembutkan kulit, lidah buaya juga dapat membantu menghilangkan bekas luka. Caranya dengan mengoleskan getah lidah buaya pada bekas luka sambil dipijat sekitar dua menit, diamkan beberapa saat. Lakukan cara ini secara teratur.

  1. Daun Mint

Daun mint banyak digunakan untuk berbagai produk seperti odol, obat kumur maupun minyak angin. Selain itu juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bekas luka bakar. Caranya ambillah beberapa lembar daun mint, cuci bersih, lalu haluskan hingga membentuk scrub. Selanjutnya oleskan ke bekas luka anda.

  1. Susu

Susu memiliki kandungan pemutih alami yang dapat membuat kulit tampak lebih putih dan juga mampu menghapus bekas luka. Caranya cukup dengan membuat lulur dari susu untuk daerah bekas luka. Lalu gosok-gosok selama 10 menit. Tambahkan beberapa tetes air lemon untuk hasil terbaik. Gunakan setiap sebelum mandi untuk mendapatkan hasil maksimal.

Sumber : id.she. yahoo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar